Penelitian yang berjudul “Kampanye Gerakan Indonesia Diet Kantong Plastik (GIDKP) Dalam Membentuk Persepsi Masyarakat di Kota Bandung” memilik itujuan untuk meneliti strategi yang digunakan melalui program Kampanye Rampok Plastik dengan menggali melalui teori proses PR dimulai dari mendefinisika masalah, perencanaan, bertindak dan evaluasi program. Konsep yang digunakan dalam penelitian ini yaitu public relations, kampanye public relations dan persepsi. Dimana dalam konsep public relations akan menggunakan teori Proses Public Relations yang dikemukakan oleh Allan Center, Scott Cutlip, dan Gleen Broom sebagai teori dasar untuk menganalisis strategi yang digunakan dalam objek penelitian. Selain itu, penelitian ini juga akan menggunakan teori Pembentukan Persepsi yang dikemukakan oleh Jalaluddin Rakhmat. Penelitianinimerupakan penelitiankualitatif deskriptif dengan teknikwawancara.Paradigmayangdigunakandalam penelitian ini yaitupost-positivisme.Hasil penelitian menunjukan bahwa persepsi yang ingin dibentuk yaitu masyarakat mulai menyadari dampak negatif penggunaan kantong plastik. Setelah mengindentifikasi dan menganalisis, kampanye rampok plastik telah mengikuti tahapan dalam proses PR meliputi mendefiniskan masalah, rencana program, bertindak dan evaluasi program. GIDKP juga telah berupaya membentuk persepsi masyarakat dengan menerapkan tiga faktor yaitu perhatian, fungsional dan struktural. Strategi yang digunakan untuk membentuk persepsi masyarakat yaitu strategi pesan, strategi komunikator, dan strategi pengecekan pesan. Namun hasil penelitian juga menunjukan bahwa GIDKP belum melakukan evaluasi secara komprehensif, untuk itu peneliti menyarankan agar GIDKP melakukan public survey untuk mengukur ketercapaian tujuan Kampanye Rampok Plastik.
Copyrights © 2018