Warcraft 3: Reign of Chaos memberikan permainan yang lebih dari sekadar soalkemenangan-kekalahan, scoring, dan reward, tetapi juga menawarkan narasi (jalan cerita).Penelitian ini akan melihat bagaimana struktur narasi yang dibangun dalam memperlihatkanperkembangan penokohan dan cerita melalui alur, latar, dan juga konflik-konflik yangdialami tokoh dalam setiap permainannya. Cerita tersebut memperlihatkan bahwa kejahatantidak selalu datang secara tiba-tiba, melainkan bisa mempunyai struktur cerita denganmenghubungkan kausalitas sehingga penokohan dapat dilihat sebagai tokoh antagonis.Dengan analisis struktur narasi peneliti melihat W3ROC memberikan pandangan kepadapemain bahwa kejahatan atau kebaikan bukan hanya datang dari sifat yang sama (statis),tetapi juga bisa dari yang berbeda (dinamis). Artinya kejahatan bisa saja hadir dari seseorangyang baik atau sebaliknya, melalui peristiwa-peristiwa yang dilalui oleh tokoh tersebut.
Copyrights © 2014