Pemerintah Indonesia mendorong untuk peningkatan jumlah wirausahawan, salah satunya melaluiGerakan Kewirausahaan Nasional (GKN) sejak enam tahun lalu. Penelitian ini bertujuan untukmenjelaskan pengaruh perilaku dan karakter terhadap keinginan untuk berwirausaha pada kelompokmillenial. Sebanyak 53 sampel dengan karakter kelompok millenial yang belum berwirausaha digunakandan diolah dengan menggunakan SMART PLS 3. Penelitian ini menjelaskan bahwa keinginan untukberwirausaha pada kelompok millenial dipengaruhi oleh perilaku dan karakter kelompok tersebut, namunkarakter tidak dipengaruhi oleh perilaku. Keterbatasan pada penelitian ini adalah tidak mengikutsertakanfaktor karakter dari gaya menjalankan usaha yang dapat memperkuat penjelasan mengenai keterkaitannyadengan keinginan untuk berwirausaha. Faktor ukuran sampel juga dapat menjadi pertimbanganselanjutnya. Penekanan saran pada penelitian ini adalah perlu ditingkatkannya peran serta insitusipendidikan dan individu dalam pembentukan karakter untuk berwirausaha khususnya keberanian dalambertindak dan mengambil risiko dengan mengikuti pelatihan dan komunitas baik dalam skala kecilmaupun dengan pembiayaan pemerintah.Kata kunci: perilaku, keputusan, kewirausahaan, millenial
Copyrights © 2017