Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa di kelas IV SD Negeri No.14 Simbolon Purba pada kompetensi dasar menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan satuan waktu, panjang dan berat. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri No.14 Simbolon Purba Kabupaten Samosir yang berjumlah 20 siswa. Persentase observasi aktivitas guru mengalami peningkatan dari 72,36% pada siklus I menjadi 85,52% pada siklus II. Persentase observasi aktivitas siswa mengalami peningkatan dari 70% pada siklus I menjadi 85% pada siklus II. Hasil penelitian pada persentase ketuntasan belajar klasikal mengalami peningkatan dari 65% pada siklus I menjadi 95% pada siklus II. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa di kelas IV SD Negeri No.14 Simbolon Purba.
Copyrights © 2018