Prosiding Konfererensi Nasional Bahasa Arab
No 4 (2018): Prosiding Konferensi Nasional Bahasa Arab IV

PEMBELAJARAN BAHASA ARAB: MENUJU HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS)

Nailur Rahmawati (Universitas Negeri Semarang)



Article Info

Publish Date
24 Oct 2018

Abstract

Abstrak: Pendidikan bukan hanya proses mentransfer ilmu pengetahuan, kemudian siswa diminta menghafal, lalu dinilai berdasarkan kemampuan menghafal pengetahuan tersebut. Jika hal ini masih dilakukan, maka sistem pendidikan masih tradisional. Sedangkan siswa saat ini perlu diajarkan kemampuan berpikir tingkat tinggi atau HOTS (Higher Order Thinking Skills). Kemampuan berpikir tingkat tinggi menjadi salah satu kemampuan yang penting untuk dimiliki siswa, tidak terkecuali dalam pembelajaran bahasa Arab. HOTS merupakan kemampuan berpikir kritis, logis, reflektif, metakognitif, dan kreatif. Hal ini sesuai dengan kurikulum 2013 yang menuntut peserta didik tidak hanya untuk mengingat dan menjabarkan suatu materi yang telah diajarkan, tetapi juga mampu memprediksi, mendesain, dan memperkirakan. Aktivitas strategis yang dilakukan dalam pembelajaran Bahasa Arab agar siswa mencapai kemampuan berpikir tingkat tinggi dimulai dengan indikator HOTS : (1) level analisis, (2) level evaluasi, dan (3) level mencipta).Kata kunci: pembelajaran, bahasa Arab, HOTS

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

konasbara

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Konferensi Nasional Bahasa Arab tahunan JURUSAN SASTRA ARAB FAKULTAS SASTRA UNIVERSITAS NEGERI MALANG Tema : Kreativitas dan Inovasi dalam Pembelajaran Bahasa Arab di Indonesia Sub Tema : Strategi Pembelajaran Bahasa Arab MetodePembelajaran Bahasa Arab Media Pembelajaran Bahasa Arab Kurikulum ...