Abstrak: Secara fungsional, penilaian merupakan feedback untuk mengetahui keberhasilan pembelajaran, baik dari sisi proses maupun hasil. Bahkan kegiatan penilaian itu juga berfungsi untuk menilai penilaian itu sendiri. Kemendiknas mencanangkan penerapan penilaian berbasis HOTS (Higher Order Thinking Skills). HOTS merupakan bentuk penilaian untuk mengukur kemapuan berpikir tingkat tinggi yang diindikasikan oleh berpikir kritis, analitis, logis, kreatif, dan metakogniti. Berdasarkan kondisi objektif tentang pembelajaran bahasa Arab di sekolah/madrasah dari aspek kurikulum (KD), Indikator Pencapaian Hasil (IPK), minat belajar, keberadaan buku teks, dan tingkat kemampuan awal peserta didikĀ dapat dikemukakan, bahwa tes yang lebih valid untuk digunakan adalah LOTS (Lower Order Thinking Skills) dan MOTS (Middle Order Thinking Skills). Penilaian model HOTS ini dimungkinkan untuk diberlakukan pada madrasah tertentu yang lingkungan bahasa Arabnya sangat kondusif.Kata Kunci: Penilaian, HOTS, MOTS, LOTS
Copyrights © 2018