Jurnal Muara Ilmu Ekonomi dan Bisnis
Vol 2, No 2 (2018): Jurnal Muara Ilmu Ekonomi dan Bisnis

MODEL MANAJEMEN RANTAI PASOKAN PADA START UP BUSINESS

Nainggolan, Romauli (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Mar 2019

Abstract

Manajemen rantai pasokan pada bisnis pemula masih sederhana, tidak sekompleks dibandingkan dengan mata rantai pasokan bisnis besar dan maju. Penelitian ini akan memaparkan model manajemen rantai pasokan bisnis startup milik mahasiswa Univeristas Ciputra. Selain itu, penelitian ini akan menunjukkan strategi persediaan bahan baku dari pemasok. Sample dalam penelitian ini sebanyak 30 bisnis start up yang telah beroperasi lebih dari 2 tahun, dengan jenis usaha Food and Beverage. Dari hasil penelitian ada 2 temuan yaitu 1) Hanya ada 3 model manajemen rantai pasokan bisnis start up milik mahasiswa UC. Model 1 yaitu Supplier – Manfukatur – Konsumen. Model 2 yaitu Supplier – Manfukatur – Pengecer - Konsumen. Model 3 yaitu Supplier – Distributor – Konsumen. 2) Dalam hal penyediaan bahan baku, paling banyak ada 30 % bisnis start up menggunakan strategi sedikit pemasok dengan 3 pemasok. Kemudian paling sedikit ada 16,6 % bisnis start up menggunakan starategi banyak supplier dengan 5 pemasok.  Mayoritas pemilik usaha start up ini membeli bahan baku dari pasar, toko dan supermarket terdekat untuk memudahkan penjangkauan penyediaan bahan baku. Keyword : bisnis start up, model rantai pasokan, strategi Supply chain management in a beginner business is simple, not as complex when compared to the supply chain of large and developed businesses. This study will describe the supply chain management model of the start-up business owned by Ciputra University students. In addition, this study will expose the strategy of supply of raw materials from suppliers. Sample in this study were 30 start-up businesses that have been operating for more than 2 years, with the type of business being Food and Beverage. From the results of the study there are 2 findings, namely 1) There are only 3 types of supply chain management at businesses owned by UC students. Model 1, namely Supplier - Manufacturer - Consumer. Model 2 being Supplier - Manufacturer - Retailer - Consumer. Model 3 is Supplier - Distributor - Consumer. 2) In terms of providing raw materials, at most 30% of start-up businesses use few supplier strategy with 3 suppliers. Then, at least 16.6% of startup businesses use many suppliers with 5 suppliers. The majority of these start-up business owners purchase raw materials from the nearest markets, shops and supermarkets to facilitate the outreach of raw material supply.Keywords : Start-Up Business, Supply Chain Model, Strategy, Supplier, Consumers

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jmieb

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Muara diterbitkan dalam rangka mendukung upaya pemerintah Republik Indonesia, khususnya Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi untuk meningkatkan jumlah publikasi ilmiah di tingkat Nasional. Jurnal Muara ini juga dapat menjadi wadah publikasi bagi para mahasiswa (S1, S2 maupun ...