Pattingalloang : Jurnal Pemikiran Pendidikan dan Penelitian Kesejarahan
Vol. 4, No. 1, April 2017

PENINGKATAN KREATIVITAS GURU SEJARAH DALAM PENGELOLAAN PEMBELAJARAN MELALUI PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN

Nurhayati . (Tetap Jaya Dalam Tantangn)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2017

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kreativitas dan tingkat kemampuan guru sejarah dalam mengelolah kegiatan dan memanfaatkan media pembelajaran pada SMA Negeri 2 Takalar di Kabupaten Takalar. Penelitian ini merupakan kaji tindak berbasis kepengawasan atau Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) dengan mengambil sampel tiga orang guru sejarah. Pengumpulan data dilakukan dengan cara melihat dokumen media pembelajaran yang dibuat oleh masing-masing guru, yaitu mulai dari persiapan, pembuatan, sampai pemanfaatan dari media tersebut, tingkat kreativitas guru dinilai dengan menggunakan instrument dengan skala likert. Data yang diperoleh, dianalisa dengan menggunakan statistic deskriptif yaitu table distribusi frekuensi, persentasi, dan grafik. Hasil penelitian ketiga orang guru sejarah menunjukkan : (a) pada responden pertama tingkat kreativitas mengajarnya ada peningkatan sebesar 4,48 persen. (b) responden kedua ada peningkatan sebesar 9,68 persen, dan (c) responden ketiga ada sebesar 7,94 persen.Kata Kunci: Peningkatan Kreativitas Guru Sejarah, pengelolaan pembelajaran dan media pembelajaran

Copyrights © 2017