Pattingalloang : Jurnal Pemikiran Pendidikan dan Penelitian Kesejarahan
Vol. 5, No. 1, April 2018

Peningkatan Hasil Belajar Fisika Materi Fluida Melalui Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share pada Siswa kelas XI. IPA 1 SMA Negeri 1 Soppeng Riaja Kabupaten Barru

Pahri . Arifin (Tetap Jaya Dalam Tantangan)



Article Info

Publish Date
24 Jun 2018

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Fisika melalui pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share (TPS) pada siswa Kelas XI. IPA. 1 SMA Negeri 1 Soppeng Riaja Kabupaten Barru pada Semester genap Tahun Pelajaran 2008/2009 dengan jumlah siswa sebanyak 31 orang. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan tes hasil belajar dan lembar observasi, kemudian dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil analisis yang diperoleh, yaitu: (1) hasil belajar fisika siswa dari Siklus I ke Siklus II dengan kualifikasi sangat tinggi meningkat dari 38,7% menjadi 58,1%. Kualifikasi tinggi menurun dari 32,3% menjadi 25,8%. Kualifikasi sedang 25,8% menjadi 12,9%. Kualifikasi rendah dari 3,2% menjadi 3,2% dan kualifikasi sangat rendah dari 0% menjadi 0%; (2) aktivitas siswa dalam proses belajar mengajar fisika melalui penerapan pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share dari Siklus I ke Siklus II meningkat. Hal tersebut terlihat dari aktivitas siswa meliputi menyimak penjelasan guru, mengajukan pertanyaan, tanggapan, jawaban, kerjasama dalanm kelompok dan perilaku yang tidak relevan dengan proses belajar mengajar menurun; dan (3) pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share dapat meningkatkan kualitas belajar fisika pada siswa terutama pada siswa aktivitas dan hasil belajar. Dari hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share (TPS) dapat meningkatkan hasil belajar Fisika pada siswa Kelas XI. IPA. 1 SMA Negeri 1 Soppeng Riaja Kabupaten Barru. Kata Kunci: Hasil belajar, Pembelajaran Think-Pair-Share, SMA Negeri 1 Soppeng This study is a classroom action research (Classroom Action Research) which aims to improve the results of Physics learning through Think-Pair-Share (TPS) type cooperative learning for Class XI students. IPA. 1 Soppeng Riaja Senior High School 1 Barru District in the even semester of 2008/2009 Academic Year with 31 students. Data retrieval is done by using learning outcomes tests and observation sheets, then analyzed quantitatively and qualitatively. The results of the analysis obtained are: (1) students' physics learning outcomes from Cycle I to Cycle II with very high qualifications increased from 38.7% to 58.1%. High qualifications decreased from 32.3% to 25.8%. Medium qualification is 25.8% to 12.9%. Low qualifications from 3.2% to 3.2% and very low qualifications from 0% to 0%; (2) the activities of students in the teaching and learning process of physics through the implementation of cooperative learning type Think-Pair-Share from Cycle I to Cycle II increased. This can be seen from student activities including listening to the teacher's explanation, asking questions, responses, answers, collaboration in groups and behaviors that are not relevant to the declining teaching and learning process; and (3) cooperative learning type Think-Pair-Share can improve the quality of learning physics in students, especially in students activities and learning outcomes. From the results of these studies, it can be concluded that the Think-Pair-Share (TPS) type of cooperative learning can improve the learning outcomes of Physics for Class XI students. IPA. 1 Soppeng Riaja 1 State High School, Barru Regency.

Copyrights © 2018