Pattingalloang : Jurnal Pemikiran Pendidikan dan Penelitian Kesejarahan
Vol. 5, No. 1, April 2018

Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA Melalui Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif pada Peserta Didik Kelas VIII B SMP Negeri 32 Makassar

Yuli Hartati Kusnindar (Tetap Jaya Dalam Tantangan)



Article Info

Publish Date
24 Jun 2018

Abstract

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang bertujuan untuk mendeskripsikan proses penggunaan media pembelajaran interaktif yang dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA kelas VIII B SMP Negeri 32 Makassar tahun pelajaran 2017/2018. Subjek penelitian ini adalah Peserta Didik kelas VIII B SMP Negeri 32 Makassar tahun pelajaran 2017/2018.  Penelitian ini dikatakan berhasil jika pencapaian aktivitas belajar peserta didik mencapai 70,00% dari seluruh peserta didik untuk setiap indikator aktivitas belajar dan  indikator pencapaian hasil belajar peserta didik mencapai skor rata-rata 70,00% dari skor ideal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase aktivitas belajar peserta didik pada siklus I 73,33% sedangkan pada siklus II 84,58%, sedangkan skor rata-rata hasil belajar peserta didik pada siklus I dan II berturut-turut 63,00% dan 71,50%. Berdasarkan indikator keberhasilan aktivitas belajar peserta didik sudah memenuhi standar yang ditetapkan dimana pencapaian aktivitas belajar peserta didik mencapai 70,00% dari seluruh peserta didik untuk setiap indikator aktivitas belajar, begitu pula dengan indikator keberhasilan hasil belajar IPA peserta didik dimana skor rata-rata hasil belajar telah mencapai 70,00% dari skor ideal, maka penelitian ini dihentikan pada siklus II. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran interaktif dapat meningkatkan aktivitas belajar peserta didik sebesar 11,25% dan hasil belajar peserta didik sebesar 8.50%. Kata kunci: Media pembelajaran interaktif, Aktitivitas belajar dan Hasil belajar. AbstractThis study is a Classroom Action Research which aims to describe the process of using interactive learning media that can increase the activity and learning outcomes of science in class VIII B of SMP Negeri 32 Makassar in the academic year 2017/2018. The subjects of this study were students of class VIII B of SMP Negeri 32 Makassar in the academic year of 2017/2018. This study is said to be successful if the achievement of learning activities of students reaches 70.00% of all students for each indicator of learning activities and indicators of achievement of learning outcomes of students achieving an average score of 70.00% of the ideal score. The results showed that the percentage of learning activities of students in the first cycle was 73.33% while in the second cycle 84.58%, while the average score of the learning outcomes of students in the first and second cycle respectively 63.00% and 71.50 %. Based on the indicators of success of learning activities students have met the established standards where the achievement of learning activities of students reaches 70.00% of all students for each indicator of learning activities, as well as indicators of success of students' learning outcomes where the average score of learning outcomes has reached 70.00% of the ideal score, then this study was stopped in cycle II. The results showed that the use of interactive learning media could increase the learning activities of students by 11.25% and the learning outcomes of students by 8.50%. Keywords: Interactive Learning Media, Learning Activities And Learning Outcomes.

Copyrights © 2018