Pattingalloang : Jurnal Pemikiran Pendidikan dan Penelitian Kesejarahan
Vol. 5, No. 1, April 2018

Meningkatkan Hasil Belajar IPS melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD pada Peserta Didik Kelas VI SLB Negeri 1 Takalar

Amiruddin, Amiruddin (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Jun 2018

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VI SLB Negeri 1 Takalar. melalui model kooperatif tipe STAD. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VI TD SLB Negeri 1 Takalar dengan jumlah peserta didik 23 orang yang terdiri dari 11 orang peserta didik Laki dan 12 orang peserta didik perempuan tahun pelajaran 2016/2017.Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus yaitu siklus I dilakukan 2 kali pertemuan dan siklus II juga dilakukan 2 kali pertemuan, yang dilakukan selama 2 bulan dan ditambah dengan merangkum semua hasil penelitian yang ada. Hasilnya peningkatan belajar peserta didik melalui model kooperatif tipe STAD ini adalah (i) Tingkat hasil belajar peserta didik kelas VI TD SLB Negeri 1 Takalar.pada siklus I (Tindakan I dan Tindakan II), masuk dalam kategori sedang dengan jumlah nilai rata-rata 68 sedangkan pada siklus II (Tindakan I dan Tindakan II), mengalami kemajuan dengan kategori tinggi dengan nilai rata-rata 85, (ii) Terdapat peningkatan hasil belajar peserta didik kelas VI TD SLB Negeri 1 Takalar melalui model kooperatif tipe STAD, baik secara kualitatif maupun kuantitatif.Sehubungan dengan hasil di atas, maka model pembelajaran ini dinilai cukup efektif serta efisien diterapkan dalam mengajar khususnya pada bidang studi IPS, karena dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik baik dalam mengerjakan tugas-tugasnya di sekolah maupun berusaha memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk selalu mencoba (bereksperimen) dalam setiap kegiatan belajarnya sehingga dapat lebih termotivasi lagi untuk meraih hasil belajar serta prestasi yang maksimal. Abstract          This research is a classroom action research which aims to improve the learning outcomes of class VI students at SLB Negeri 1 Takalar. through the STAD type cooperative model. The subjects of this study were students of class VI TD SLB 1 Takalar with 23 students consisting of 11 male students and 12 female students in 2016/2017 academic year.This research was conducted in two cycles, namely the first cycle was carried out 2 meetings and the second cycle was also conducted two meetings, which were conducted for 2 months and added by summarizing all the results of existing research. Learn the improvement of student learning through the cooperative type STAD model is (i) The level of learning outcomes of students of class VI TD SLB 1 Takalar. In the first cycle (Actions I and Actions II), included in the medium category with an average value of 68 While in the second cycle (Actions I and Actions II), improvements in the high category with an average value of 85, (ii) Related to the increase in learning outcomes of students of class VI TD SLB 1 Takalar through cooperative type STAD models, both professional and quantitative .            In connection with the results above, this learning model is quite effective and efficient applied in special teaching in IPS studios, because it can improve learning outcomes of students both in doing their tasks in school and helping to provide assistance to students to be able to try (experiment) in each learning activity so they can be more motivated to get maximum learning outcomes and achievements.

Copyrights © 2018