Auladuna : Jurnal Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Vol 1 No 1 (2019): APRIL

Proses Pembelajaran Inquiry Siswa Mi Untuk Meningkatkan Kemampuan Matematika

Ratnasari, Khurin In (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 May 2019

Abstract

Penelitian ini untuk mengetahui peningkatan kemampuan matematika dalam materi pecahan setelah diterapkan model pembelajaran Inquiry di kelas VI MI Al-Islammiyah Kedungrejo. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, dengan desain yang digunakan adalah one group pretest-posttest design. Pengumpulan data dilakukan dengan tes yang berbentuk essay sebanyak 7 soal, lembar observasi dan angket untuk mengukur kemampuan berpikir kritis siswa. Berdasarkan uji-t pada taraf signifikan α = 0,05 terhadap data posttest diperoleh thitung > ttabel yaitu 20,36 > 2,056 yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian hipotesis yang diajukan diterima kebenarannya. Peningkatan nilai gain score mencapai 0,59 dengan kategori sedang. Jadi, berdasarkan perhitungan tersebut maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Inkuiri dapat meningkatkan kemampuan matematika (Pecahan) VI MI Al-Islammiyah Kedungrejo

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

auladuna

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Auladuna merupakan jurnal pendidikan guru madrasah ibtidaiyah dikelola oleh Prodi PGMI Fakultas Tarbiyah dan Kegurua Institut Agama Islam Al-Falah As-sunniyyah Kencong. Jurnal Auladuna mencakup tentang pendidikan terutama dalam, kajian, aplikasi teori, hasil penelitian, dan pengajaran dalam ...