Daya Saing : Jurnal Ilmu Manajemen
Vol. 5 No. 2 (2019): Perilaku Konsumen, Kinerja UMKM, dan Daya Saing Industri Jasa di Era Ekonomi Kr

PERSEPSI MASYARAKAT PEKANBARU TENTANG PERBANKAN SYARIAH DAN PENYEBAB MASYARAKAT TIDAK MEMILIH BANK SYARIAH

Farwitawati, Reni (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Jul 2019

Abstract

Di Pekanbaru sendiri masih sedikit sekali orang yang memiliki rekening di bank syariah. Penduduk Pekanbaru mayoritas beragama Islam dengan ini seharusnya dapat memberikan peluang besar terhadap kemajuan bank syariah di Pekanbaru. Dalam banyak studi bahwa motivasi seseorang memilih bank syariah adalah karena bank syariah menggunakan system-sistem dengan prinsip syariah Islam. Ketika banyak penelitian yang menjelaskan bahwa faktor utama masyarakat memilih bank syariah adalah agama, mengapa di Riau khususnya di Pekanbaru yang mayoritas muslim tingkat kepemilikan rekening di bank syariah sangat rendah. Jika agama dalam banyak penelitian disebutkan menjadi faktor utama seseorang memilih bank syariah ternyata tidak berlaku bagi masyarakat Pekanbaru Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bertujuan menjawab pertanyaan tentang bagaimana persepsi masyarakat tentang perbankan syariah dan penyebab masyarakat tidak memilih bank syariah. Data penelitian dihimpun dari wawancara secara langsung dengan masyarakat yang berada di Pekanbaru. Wawancara dilakukan kepada masyarakat yang tidak memmilih bank syariah sebagai lembaga keuangannya. Selanjutnya, penelitian ini dianalisis menggunakan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa masyarakat yang tidak memilih bank syariah beranggapan bahwa bank syariah sama dengan bank konvensional. Hal ini dikarenakan tingkat pengetahuan masyarakat yang rendah mengingat kurangnya promosi yang dilakukan bank syariah. Masyarakat masih merasa informasi yang sampai kepada mereka tentang perbankan syariah mulai dari sistem, konsep hingga produknya sangat sedikit. Faktor yang menyebabkan masyarakat tidak memilih bank syariah diantaranya yaitu pengetahuan terhadap bak syariah, produk hingga keberadaanya yang sangat rendah, hal ini dikarenakan promosi yang dilakukan oleh bank syariah kurang dapat menyentuh masyarakat bahkan masih sedikit informasi yang mereka terima dari promosi ini. Selain itu keberadaan kantor pelayanan bank syariah serta ATM sangat sedikit berada di sekitar masyarakat. Selain itu juga branding bank syariah yang dirasa kurang menarik nasabah, hal ini karena event maupun promo yang dilakukan bank syariah yang minim. Melihat keadaan masyarakat yang seperti itu, bank syariah hendaknya memberikan edukasi kepada masyarakat tentang bank syariah, mulai dari sistem hingga produk-produknya. Bank syariah diharapkan memberikan promosi yang mengedukasi dengan mendekatkan diri kepada masyarakat secara langsung. Selain itu pemenuhan fasilitas-fasilitas yang menunjang pelayanan terhadap nasabah juga dibutuhkan guna memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat. Kata kunci: Persepsi, Perbankan Syariah, Bank Syariah

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

dayasaing

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Other

Description

Jurnal Daya Saing (Online ISSN: 2541-4356 | Print ISSN : 2407-800X) published by Komunitas Manajemen Kompetitif. This journal published thrice in February, June and October. It contain the articles such as scientific papers (research and non-research), analytical studies, theoretical applications ...