The Indonesian Journal of Social Studies
Vol 1, No 1 (2018)

ANALISIS ISI BUKU TEKS PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL KURIKULUM 2013 KELAS VII SMP/MTS

Prihantoro, Nur Achmad (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Nov 2017

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kelayakan buku teks pelajaran melalui analisis isi pada buku teks pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Kurikulum 2013 kelas VII SMP/MTs. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian analisis isi (content analysis). Alasan menggunakan metode analisis isi adalah bahwa peneliti ingin mengungkapkan tentang kelayakan sebuah buku teks pelajaran IPS yang? diterbitkan oleh penerbit diluar Kementerian pendidikan dan kebudayaan apakah sudah sesuai dengan standar kelayakan dari BSNP, yang terdiri dari kelayakan materi/isi, kelayakan penyajian, kelayakan Bahasa, dan kelayakan kegrafikaan. Selain itu peneliti ingin mendeskripsikan apakah materi dalam buku tersebut sudah sesuai dengan kriteria keterpaduan dalam pembelajaran IPS. Data hasil penelitian yang diperoleh sebagai berikut:? aspek kelayakan isi, uraian materi sudah sesuai dengan KI dan KD, keakuratan materi,kemutakhiran materi, mendorong keingintahuan, dan peluasan wawasan sudah dengan standar kelayakan dari BSNP. Aspek kelayakan penyajian yang terdiri dari teknik penyajian, pendukung penyajian, dan penyajian pembelajaran sudah sesuai dengan standar kelayakan. Sedangkan untuk aspek kelayakan Bahasa sebagian besar sudah layak dan aspek yang keempat yaitu kegrafikaan, mulai dari ukuran buku, desain kulit buku dan desain isi buku, juga telah memenuhi standar kelayakan kegrafikan yang telah ditentukan oleh BSNP. Materi yang terdapat pada buku tersebut juga sudah sesuai dengan kaidah keterpaduan dalam pembelajaran IPS. Berdasarkan hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa buku teks pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Kurikulum 2013 kelas VII SMP/MTs terbitan Platinum sudah sesuai dengan standar kelayakan dari BSNP dan layak dipakai di sekolah-sekolah, namun masih memerlukan sedikit perbaikan pada beberapa bagian.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jpips

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences Other

Description

The Indonesian Journal of Social Studies was founded in 2018 in order to offer the disciplines in the field of social science education a representative scholarly publication. The journal represents a sophisticated image that is characterised by its theory and research orientation, interdisciplinary ...