Penelitian ini bertujuan untuk: (1) memperoleh gambaran kemampuan pemahaman matematik siswa yang diajar dengan menggunakan pendekatan Saintifik dengan cara berkelompok, (2) memperoleh gambaran kemampuan pemahaman matematik siswa yang diajar dengan pendekatan Saintifik tidakberkelompok,dan (3) mengetahui perbedaan kemampuan pemahaman matematik siswa yang diajar dengan menggunakan pendekatan Saintifik dengan cara berkelompok dan pendekatan Saintifik tidak berkelompok. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII. Dari hasil analisis datadiperoleh kesimpulan (1) gambaran kemampuan pemahaman matematik siswa yang diajar dengan menggunakan pendekatan Saintifik dengan cara berkelompok, pada materi Operasi Aljabar diperoleh nilai rata-rata yaitu 68,98, (2) gambaran kemampuan pemahaman matematik siswa yang diajar dengan menggunakan pendekatan Saintifik tidak berkelompok pada materi operasi aljabar dipeoleh nilai rata-rata yaitu 61,31 dan (3) kemampuan pemahaman matematik siswa yang diajar dengan pendekatan Saintifik dengan cara berkelompok lebih baik secara signifikan peningkatannya daripada kemampuan pemahaman matematik siswa yang diajar dengan pendekatan Saintifik tidakberkelompok. Kata Kunci: pendekatan saintifik; kemampuan pemahaman matematik; operasi aljabar
Copyrights © 2015