Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika
Vol 3, No 3 (2015)

PENGARUH PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIK SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 9 KENDARI PADA MATERI OPERASI ALJABAR

Yuliati Palaki (Jurusan Pendidikan Matematika Universitas Halu Oleo)
Fahinu . (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Oct 2017

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) memperoleh gambaran kemampuan pemahaman matematik siswa yang diajar dengan menggunakan pendekatan Saintifik dengan cara berkelompok, (2) memperoleh gambaran kemampuan pemahaman matematik siswa yang diajar dengan pendekatan Saintifik tidakberkelompok,dan (3) mengetahui perbedaan kemampuan pemahaman matematik siswa yang diajar dengan menggunakan pendekatan Saintifik dengan cara berkelompok dan pendekatan Saintifik tidak berkelompok. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII. Dari hasil analisis datadiperoleh kesimpulan (1) gambaran kemampuan pemahaman matematik siswa yang diajar dengan menggunakan pendekatan Saintifik dengan cara berkelompok, pada materi Operasi Aljabar diperoleh nilai rata-rata yaitu 68,98, (2) gambaran kemampuan pemahaman matematik siswa yang diajar dengan menggunakan pendekatan Saintifik tidak berkelompok pada materi operasi aljabar dipeoleh nilai rata-rata yaitu 61,31 dan (3) kemampuan pemahaman matematik siswa yang diajar dengan pendekatan Saintifik dengan cara berkelompok lebih baik secara signifikan peningkatannya daripada kemampuan pemahaman matematik siswa yang diajar dengan pendekatan Saintifik tidakberkelompok. Kata Kunci: pendekatan saintifik; kemampuan pemahaman matematik; operasi aljabar

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

JPPM

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Halu Oleo dan terbit tiga kali setahun yaitu Januari, Mei, dan September ditambah edisi khusus jika diperlukan. ...