Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika
Vol 1, No 1 (2013)

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 KENDARI PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT)

Rusman . (Jurusan Pendidikan Matematika Universitas Halu Oleo)
Busnawir . (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 May 2013

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Kendari pada materi Sistem Persmaan Linear Dua Variabel melalui model pembelajaran kooperatif tipe NHT. Penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas VIII, semester Ganjil TA. 2012/2013. Subjek penelitian sebanyak 34 orang siswa.  Pelaksanaan penelitian terdiri dari 3 siklus. Hasil Penelitianmenunjukan dari segi proses yang berkaitan dengan pelaksanaan rencana pelaksanaan pembelajaran yang telah disusun berdasarkan pembelajaran kooperatif  tipe NHT, pada siklus I mencapai 66,67%, pada siklus II mencapai 88,88% dan pada siklus III  mencapai 100%.  Dari segi hasil pembelajaran matematika siswa diperoleh ketuntasan  secara klasikal  pada siklus I mencapai 55,88%, pada siklus II mencapai 70,59%, dan pada siklus III mencapai 82,35%. Hal ini telah mencapai indikator kinerja yang telah ditetapkan yaitu minimal 75% siswa telah mencapai ketuntasan belajar secara individu.Kata Kunci: pembelajaran kooperatif;  numbered heads together

Copyrights © 2013






Journal Info

Abbrev

JPPM

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Halu Oleo dan terbit tiga kali setahun yaitu Januari, Mei, dan September ditambah edisi khusus jika diperlukan. ...