Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Kendari pada materi Sistem Persmaan Linear Dua Variabel melalui model pembelajaran kooperatif tipe NHT. Penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas VIII, semester Ganjil TA. 2012/2013. Subjek penelitian sebanyak 34 orang siswa.  Pelaksanaan penelitian terdiri dari 3 siklus. Hasil Penelitianmenunjukan dari segi proses yang berkaitan dengan pelaksanaan rencana pelaksanaan pembelajaran yang telah disusun berdasarkan pembelajaran kooperatif  tipe NHT, pada siklus I mencapai 66,67%, pada siklus II mencapai 88,88% dan pada siklus III  mencapai 100%.  Dari segi hasil pembelajaran matematika siswa diperoleh ketuntasan  secara klasikal  pada siklus I mencapai 55,88%, pada siklus II mencapai 70,59%, dan pada siklus III mencapai 82,35%. Hal ini telah mencapai indikator kinerja yang telah ditetapkan yaitu minimal 75% siswa telah mencapai ketuntasan belajar secara individu.Kata Kunci: pembelajaran kooperatif;  numbered heads together
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2013