Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Kendari melalui model pembelajaran kooperatif tipe NHT pada pokok bahasan sistem persamaan linear dua variabel. Berdasarkan hasil observasi dan evaluasi pada setiaptindakan siklus dari penelitian ini, maka peneliti dapat menyimpulkan bahwa: (1) Proses pembelajaran siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe NHT pada materi sistem  persamaan linear dua variabel dapat ditingkatkan. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata hasil observasi keaktivan siswa pada tiap siklus, yakni pada siklus I mencapai 45,75%, siklus II meningkat menjadi 78,57% dan pada siklus III meningkat menjadi 94,65%.  (2) Hasil belajar siswa  melalui model pembelajaran kooperatif tipe NHT pada materi sistem persamaan linear dua variabel dapat ditingkatkan. Hal ini dapat dilihat dari ketuntasan hasil belajar pada tiap siklus, yakni pada siklus I ketuntasan  mencapai 66,67%, siklus II ketuntasan mencapai 72,22%, dan siklus III ketuntasan  mencapai 77,78%.Kata Kunci :  pembelajaran kooperatif; numbered heads together .1
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2013