Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika
Vol 6, No 1 (2018)

EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIK SISWA KELAS VIII SMPN 14 KENDARI

La Ode Darwin (Unknown)
Lambertus Lambertus (Unknown)
La Ndia La Ndia (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2019

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematik siswa. Populasi penelitian seluruh siswa kelas VIII SMPN 14 Kendari dengan sampel 2 kelas. Pengambilan sampel dengan teknik Random class sampling. Pengumpulan data dilakukan pemberian instrumen penelitian berupa lembar observasi dan tes kemampuan pemecahan masalah matematika. Berdasarkan hasil pembahasan diperoleh kesimpulan : (1) Model pembelajaran kooperatif Jigsaw kelas VIII SMPN 14 Kendari terkategori baik. (2) Kemampuan pemecahan masalah matematik kelas VIII1 SMPN 14 Kendari yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif Jigsaw pada materi kubus, balok, prisma dan limasterkategorisedang dengan rata-rata 71,92. (3) Kemampuan pemecahan masalah matematik siswa kelas VIII4 SMPN 14 Kendari yang menggunakan model pembelajaran konvensional pada materi kubus, balok,prisma dan limas terkategori kurang dengan rata-rata 57,60. (4) Modelpembelajaran kooperatif Jigsaw lebih efektif dibandingkan model pembelajaran konvensional pada materi kubus, balok,prisma dan limas dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematik siswa kelas VIII SMPN 14 Kendari.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

JPPM

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Halu Oleo dan terbit tiga kali setahun yaitu Januari, Mei, dan September ditambah edisi khusus jika diperlukan. ...