Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika
Vol 4, No 2 (2016)

PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 KONTUKOWUNA

Jamilun . (Jurusan Pendidikan Matematika Universitas Halu Oleo)
Suhar . (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Nov 2017

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran secara deskriptif dan inferensial: 1) Untuk  mendeskripsikan tingkat kemampuan penalaran matematis siswa sebelum diajar dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah. 2) Untuk mendeskripsikan tingkat kemampuan penalaran matematis siswa setelah diajar diajar dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah. 3) Untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan penalaran matematis. Dari hasil analisis data diperoleh: (1) kemampuan penalaran matematis siswa sebelum pembelajaran menggunakan model pembelajaran berbasis masalahtergolong rendah dimana 36.36% siswa memperoleh nilai antara 42 dan 60 dengan nilai rata-rata 57.76, (2) kemampuan penalaran matematissiswa setelah pembelajaran menggunakan model pembelajaran berbasis masalah tergolong tinggi dimana 51.52% siswa memperoleh nilai antara 79 dan 97 dengan nilai rata-rata 81.25, (3) pembelajaran dengan model pembelajaran berbasis masalah memberikan pengaruh positif yang signifikan terhadap kemampuan penalaran matematissiswa pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel.  Kata Kunci: pembelajaran berbasis masalah, kemampuan penalaran matematis, linear

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

JPPM

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Halu Oleo dan terbit tiga kali setahun yaitu Januari, Mei, dan September ditambah edisi khusus jika diperlukan. ...