Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika
Vol 2, No 3 (2014)

KUALITAS TES BUATAN GURU MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS VII SMP NEGERI 8 BAUBAU TAHUN AJARAN 2012/2013

Harmawati Amrin (Jurusan Pendidikan Matematika Universitas Halu Oleo)
Busnawir . (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Nov 2017

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengetahui: (1) tingkat kesukaran (2) daya pembeda (3) berfungsi tidaknya setiap pengecoh (4) besarnya reliabilitas (5) besarnya kesalahan baku pengukuran (6) valid tidaknya butir (7) deskripsi butir tes dikaitkan taksonomi Bloom. Dari hasil analisis diperoleh: Tingkat kesukaran tergolong baik. Daya pembedanya tergolong baik, karena dari 20 butir soal terdapat 2 butir soal (10%) dengan kategori jelek, 9  butir soal (45%) berkategori cukup dan 9 butir soal (45%) berkategori baik. Seluruh butir tes tergolong valid.(4) Keefekt ifan pengecoh tergolong efektif karena dari 20 butir soal terdapat 14 butir soal (70%) memiliki distraktor yang efektif dan 6 butir soal (30%) yang distraktornya tidak efekt if. Reliabilitasnya adalah 0.721. Kesalahan baku pengukuran diperoleh nilai SEM sebesar 1,782 1,923. Deskripsi butir tes dikait kan dengan taksonomi Bloom adalah C1 10%, C2 25%, C3 50%, C4 15%, C5 0% dan C6 0%.   Kata Kunci: kualitas tes; daya pembeda; tingkat kesukaran

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

JPPM

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Halu Oleo dan terbit tiga kali setahun yaitu Januari, Mei, dan September ditambah edisi khusus jika diperlukan. ...