Penelitian deskriptif ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) matematika melalui pendekatan ilmiah (Scientific Approach) di SMPN Kota Kendari, (2) mendeskripsikan tentang pelaksanaan pembelajaran matematika melalui pendekatan ilmiah(Scientific Approach) di SMPN Kota Kendari. Sumber data penelitian terdiri atas responden dan informan. Responden penelitian ini adalah guru di SMPN Kota Kendari. Adapun informan meliputi siswa dan Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum. Penentuan sumber data menggunakan teknikpurposivel sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kualitas Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang dibuat oleh guru telah memenuhi komponen-komponen yang diamanatkan dalam Kurikulum 2013 yang tercantum dalam Permendikbud Nomor 81A Lampiran IV. (2)Pelaksanaan pembelajaran matematika melalui pendekatan ilmiah (Scientific Approach) belum sepenuhnya sesuai dengan konsep Kurikulum 2013. Konsep 5M sebagai subtansi Kurikulum 2013 tidak terlaksana secara runtut dan simultan. Bahkan, belum ada perbedaan relatif berarti antara pelakasanaan pembelajaran pada Kurikulum 2013 dengan pelasanaan pembelajaran kurikulum sebelumnya. Kata kunci: Pendekatan ilmiah, rencana pelaksanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran
Copyrights © 2016