Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika
Vol 2, No 1 (2014)

EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PBM) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIKA SISWA KELAS IX SMP NEGERI 9 KENDARI

Imran . (Jurusan Pendidikan Matematika Universitas Halu Oleo)
Kadir . (Unknown)
Fahinu . (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Nov 2017

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas penerapan model pembelajaran berbasis  masalah (PBM) dibandingkan dengan penerapan model pembelajaran Langsung terhadap kemampuan koneksi matematika siswa. Penelitian ini termasuk penelitian eksperimen, Penelitian ini menggunakan cara Randomized Control Group Design  atau Posttes Only Control Group Design. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah Rata-rata kelas eksperimen = 83,21 > kelas kontrol = 74,43, pengelolaan pembelajaran guru dan keaktifan siswa dalam pembelajaran kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol, hasil Uji Hipotesis menunjukkan bahwa t hitung = 3,71 > ttabel =1,99, maka Ho ditolak. Hasil tersebut menunjukkan bahwa secara signifikan penerapan modelpembelajaran berbasis masalah (PBM) lebih efektif daripada penerapan model pembelajaran langsung untuk meningkatkan kemampuan koneksi matematika siswa di kelas IX SMP Negeri 9 Kendari pada materi Bangun Ruang Sisi Lengkung.  Kata Kunci: koneksi matematika; model pembelajaran; konvensional hitung

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

JPPM

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Halu Oleo dan terbit tiga kali setahun yaitu Januari, Mei, dan September ditambah edisi khusus jika diperlukan. ...