Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan memecahkan masalah matematika siswa kelas VIII-B SMPN 5 Kendari melalui model pembelajaran berbasis masalah. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilaksanakan sebanyak dua siklus dan setiap siklusdilaksanakan dua kali pertemuan. Setiap siklus mengikuti tahapan: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi/evaluasi dan refleksi. Hasil penelitian ini disimpulkan: melalui model pembelajaran berbasis masalah, kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VIII-B SMPN 5 Kendari dapat ditingkatkan, yaitu dari segi keterlaksanaan pembelajaran dari 75 % pada siklus I 100 % pada siklus II, dari segi kemampuan pemecahan masalah matematika meningkat dari hasil tes awal, yaitu dari 35 orang siswa hanya 8 orang atau 22,9 % siswa telah mencapai KKM meningkat pada hasil tes siklus I menjadi 19 orang siswa atau 54,3 % siswa telah mencapai KKMdan meningkat lagi pada siklus II menjadi 31 orang siswa atau 88,6 % siswa telah mencapai KKM.Kata Kunci: kemampuan; pembelajaran berbasis masalah; masalah matematika 
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2015