Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika
Vol 3, No 3 (2015)

MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS VIII-B SMPN 5 KENDARI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH

Ria Agmikavita (Jurusan Pendidikan Matematika Universitas Halu Oleo)
Ikman . (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Oct 2017

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan memecahkan masalah matematika siswa kelas VIII-B SMPN 5 Kendari melalui model pembelajaran berbasis masalah. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilaksanakan sebanyak dua siklus dan setiap siklusdilaksanakan dua kali pertemuan. Setiap siklus mengikuti tahapan: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi/evaluasi dan refleksi. Hasil penelitian ini disimpulkan: melalui model pembelajaran berbasis masalah, kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VIII-B SMPN 5 Kendari dapat ditingkatkan, yaitu dari segi keterlaksanaan pembelajaran dari 75 % pada siklus I 100 % pada siklus II, dari segi kemampuan pemecahan masalah matematika meningkat dari hasil tes awal, yaitu dari 35 orang siswa hanya 8 orang atau 22,9 % siswa telah mencapai KKM meningkat pada hasil tes siklus I menjadi 19 orang siswa atau 54,3 % siswa telah mencapai KKMdan meningkat lagi pada siklus II menjadi 31 orang siswa atau 88,6 % siswa telah mencapai KKM.Kata Kunci: kemampuan; pembelajaran berbasis masalah; masalah matematika 

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

JPPM

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Halu Oleo dan terbit tiga kali setahun yaitu Januari, Mei, dan September ditambah edisi khusus jika diperlukan. ...