Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) untuk mengetahui bagaimana gambaran hasil belajar matematika siswa kelas X3SMA Negeri 1 Asera dalam menyelesaikan soal-soal fungsi kuadrat dan (2) untuk mengetahui jenis-jenis kesalahan apakah yang dilakukan siswa kelas X3SMA Negeri 1 Asera dalam menyelesaikan soal-soal fungsi kuadrat. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Subyek dalam penelitian ini adalah kelas X3 sebanyak 23 orang, dan subjek yang diwawancarai dalam penelitian ini terdiri dari 6 orang. Data hasil wawancara digunakan sebagai pembanding data hasil tes. Analisis data dilakukan melaluireduksi data, penyajiandata, penarikan kesimpulan, dan verifikasi data. Hasil yang diperoleh dalampenelitianiniadalah: (1) Hasil deskriptif nilai tes hasil belajar matematikasiswa dalam menyelesaian soal-soal fungsi kuadrat siswa berkisar 5 sampai dengan 59 dengan rata–rata 25,9; median 21 dan modus 14; (2) jenis kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal materi fungsi kuadrat yang meliputi kesalahan konsep, kesalahan prinsip dan kesalahan perhitungan.
Copyrights © 2018