Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang menggunakan teknik tes, dengan rumusan masalah: (1) Bagaimana gambaran hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Kendari yang?memperoleh pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw pada materi pokok?Sistem Persamaan Linear Dua Variabel? (2) Bagaimana gambaran hasil belajar siswa kelas VIII SMP?Negeri 4 Kendari yang memperoleh pembelajaran dengan model pembelajaran konvensional pada?materi pokok Sistem Persamaan Linear Dua Variabel? (3) Apakah model pembelajaran kooperatif?tipe Jigsaw lebih efektif daripada model pembelajaran konvensional dalam meningkatkan hasilbelajar matematika siswa di kelas VIII SMP Negeri 4 Kendari?. Kesimpulan yang diperoleh adalah?pembelajaran matematika dengan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw lebih efektif?dibandingkan dengan pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran?konvensional pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel kelas VIII SMP Negeri 4 Kendaritahun 2013/2014. Kata kunci: model pembelajaran; pembelajaran kooperatif; jigsaw?
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2013