Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya kemampuan pemahaman matematis siswa dan sulitnya guru menggunakan pendekatan pembelajaran yang tepat untuk meningkatkan kemampuan pemahamanmatematis siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) deskripsi kemampuan pemahaman matematis siswa sebelum dan sesudah penerapan pendekatan saintifik, (2) pengaruh pendekatansaintifik terhadap kemampuan pemahaman matematis siswa. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 10 Kendari. Teknik pengambilan sampel penelitian dilakukan secara purposive sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan pemberian tes kemampuan pemahaman matematis berbentuk tes uraian. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dan inferensial. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan diperoleh kesimpulan, (1) deskripsi kemampuan pemahaman matematis siswa sebelum penerapan pendekatan saintifik dengan rerata pretest adalah 36,13 dan kemampuan pemahaman matematis siswa setelah penerapan pendekatan saintifik dengan rerata posttest adalah 67,12, (2) terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan pendekatan pembelajaran saintifik terhadap kemampuan pemahaman matematis siswa pada materi kubus danbalok di SMPN 10 Kendari tahun ajaran 2015/2016. Kata Kunci: pendekatan saintifik, kemampuan pemahaman matematis siswa, analisis
Copyrights © 2016