Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : ( 1 ) Proses belajar matematika yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif TTW , ( 2 ) Hasil belajar matematika yang diajar menggunakan model TTW, ( 3 ) Hasil belajar matematika yang diajar dengan pembelajaran langsung dan ( 4 ) Apakah hasilbelajar siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran TTW lebih efektif daripada pembelajaran langsung. Penelitian ini menyimpulkan : ( 1 ) Secara umum proses pembelajaran TTW berjalan dengan baik.( 2 ) hasil belajar siswa kelas X untuk kelas diajarkan menggunakan model pembelajaran TTW memiliki rata-rata 81,39, ( 2 ) hasil belajar siswa kelas X untuk kelas yang diajarkan menggunakan pembelajaran langsung denga rata-rata 79,34, ( 3 ) hasil belajar matematika siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran TTW lebih efektif daripada pembelajaran langsung. Hal ini didasarkan pada hasil analisis inferensial dengan nilai t = 2,61 > t tabel = 2,02.Kata Kunci: pembelajaran kooperatif; pembelajaran langsung; think talk write
Copyrights © 2013