Prosiding Semnastek
PROSIDING SEMNASTEK 2017

PENERAPAN KONSEP BUSINESS INTELLEGENCE UNTUK MERANCANG STRATEGI MARKETING PADA SEKOLAH ISLAM TERPADU NURUL FIKRI

Abdul Rahman Kadafi (STMIK Nusa Mandiri Jakarta)
Richard Eko Indrajid (ABFI Institut Perbanas, Jakarta)
Muh Fauzi (STMIK Bumigora, Mataram)



Article Info

Publish Date
05 Dec 2017

Abstract

Perkembangan jumlah Sekolah Islam di Indonesia mulai meningkat cukup signifikan. Dalam rangka meningkatkan menjaga konsistensi dan meningkatkan daya saing sekolah islam, diperlukan strategi marketing yang sistematis dalam menjaring pendaftar baru menggunakan data yang dimiliki dengan konsep business inetelegence. Tujuan penelitian ini adalah merancang strategi marketing  menggunakan konsep marketing mix, fokus pada 3P dari 7P yaitu Price, Place dan Promotion. Dengan menggunakan model data mining CRISP-DM (Cross Standard Industry for Data Mining), metode yang digunakan untuk menganalisa data adalah Classification Method. Dari hasil pengolahan data yang dilakukan, didapatkan bahwa faktor yang mempengaruhi pendaftar pada SIT NF adalah penghasilan, jumlah anak, dan jarak rumah. Berdasarkan model yang dihasilkan dari pengolahan data, dirancang strategi marketing tentang Price, Place dan Promotion. Kata kunci: Business Intelegence, strategi marketing, classification method, sekolah islam terpadu

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

semnastek

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

Prosiding Seminar Nasional Sains dan Teknologi (SEMNASTEK) merupakan kumpulan paper atau artikel ilmiah yang telah dipresentasikan di acara Seminar Nasional Sains dan Teknologi (SEMNASTEK) yang diadakan secara rutin tiap tahun oleh Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Jakarta. ...