Diklat Review : Jurnal manajemen pendidikan dan pelatihan
Vol. 2 No. 3 (2018): Pemberdayaan Berbasis Pengabdian dan Inovasi Pembelajaran: Refleksi Penguatan K

Pengaruh Pengetahuan Paragraf Terhadap Keterampilan Menulis Deskriptif Siswa Kelas X SMK Keuangan Pekanbaru Riau

Febrina, Liga (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Feb 2019

Abstract

Bahasa tertulis adalah sarana yang efektif untuk bersosialisasi dan berinteraksi dengan sesama manusia. Kemampuan seseorang dalam menulis membutuhkan waktu dan pikiran, kemudian menuangkan pemikiran ke dalam tulisan dengan menciptakan kerangka kerja menulis, mengembangkan kerangka kerja penulisan, menggunakan diksi yang benar (pilihan kata), dan membaca ulang yang tertulis dan memperbaikinya jika tulisan belum dianggap sempurna. Sebelum menguasai keterampilan menulis, siswa biasanya memahami dan menguasai keterampilan membaca. Kegiatan membaca tidak diposisikan sebagai keharusan, apalagi menjadikan membaca sebagai kebutuhan yang harus dipenuhi. Membaca menempati aktivitas sampingan dan menjadi aktivitas mewah di kalangan siswa. Ini diperkirakan karena perkembangan teknologi yang cepat seperti internet dan telepon seluler. Berdasarkan pengamatan awal dan wawancara informal dengan salah satu guru mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas X dari SMK Finance Riau pada 25 Februari 2018, peneliti memperoleh informasi tentang beberapa faktor yang menyebabkan rendahnya kemampuan menulis siswa. (1) siswa lebih suka berkumpul dengan teman-teman mereka daripada menulis sehingga keterampilan menulis berkurang, (2) fasilitas terbatas, seperti kurangnya ketersediaan buku dan majalah, (3) kurangnya pengetahuan siswa dalam penguasaan paragraf, sedangkan pengetahuan paragraf merupakan aspek yang harus dimiliki siswa agar terampil dalam menulis, (4) Dalam keterampilan menulis, siswa masih mengalami kesulitan dalam mendeskripsikan gagasan dan gagasan dalam menulis dan (5) Materi pembelajaran dalam bentuk penulisan deskriptif harus dilatih ulang. kepada siswa sehingga mereka lebih memahami keterampilan menulis deskriptif. Hal ini dibuktikan dengan rendahnya kemampuan siswa dalam menulis di bawah Kriteria Kelengkapan Minimum (KKM) yaitu 75. Dari uraian tersebut, dapat disimpulkan bahwa semakin tinggi pengetahuan paragraf, semakin tinggi keterampilan menulis deskriptif. Sebaliknya, semakin rendah pengetahuan paragraf, semakin rendah keterampilan menulis deskriptif. Jadi, jelas bahwa ada hubungan positif antara pengetahuan paragraf dan keterampilan menulis deskriptif. Kenyataan di lapangan juga menunjukkan bahwa siswa memiliki waktu khusus untuk membaca dan tempat yang strategis yang jauh dari keramaian meskipun buku-buku yang tersedia di perpustakaan tidak lengkap. Namun, tidak semua siswa yang dapat menggunakan waktu luang ini untuk membaca, ada juga yang melakukan kegiatan lain. Semua itu dapat dilihat dari hasil penghitungan tingkat pemahaman responden terhadap variabel pengetahuan paragraf dengan kategori lebih dari cukup (70%).

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

diklatreview

Publisher

Subject

Humanities Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Other

Description

Jurnal Diklat Review (Online ISSN: 2598-6449| Print ISSN : 2580-4111) published by Komunitas Manajemen Kompetitif. This journal published thrice in April, Agustus dan December. It contain the articles such as scientific papers (research and non-research), analytical studies, theoretical applications ...