Seorang guru menyadari bahwa titik pusat tujuan sekolah menyediakan program pendidikan yang direncanakan untuk memenuhi kebutuhan hal-hal yang berkaitan dengan pendidikan, pribadi dan kebutuhan kemasyarakatan serta kepentingan individu para siswa. Siswa merupakan klien utama yang harus dilayani, oleh sebab itu siswa harus dilibatkan secara aktif dan tepat, tidak hanya dalam proses belajar mengajar melainkan juga di dalam kegiatan sekolah. Di SMP Negeri 4 Siak Hulu, berdasarkan pengamatan di lapangan pada pelajaran jenis gerak makhluk hidup ditemukan fenomena pencapaian hasil belajar siswa kurang dari KKM atau dikatakan belum berhasil. Penerapan metode tanya jawab diduga dapat meningkatkan kemampuan siswa mengidentifikasi jenis gerak. Melalui metode penelitian tindakan kelas dan disurvey kepada siswa kelas VIII dan dianalisis dengan teknik analisis deskriptif, maka hasil menunjukkan perolehan hasil belajar melalui tanya jawab Siklus I, II dan III ketuntasan individual baru mencapai 42.5, 52.5 dan 77.5 Potret pembelajaran IPA sudah mencapai tujuan dengan standar KKM 71. Terdapat peningkatan hasil belajar IPS materigerak pada makhluk hidupdengan menerapkan metode tanya jawab sehingga hasil belajar mengalami peningkatan
Copyrights © 2018