Diklat Review : Jurnal manajemen pendidikan dan pelatihan
Vol. 2 No. 2 (2018): Pemberdayaan Masyarakat dan Inovasi Pembelajaran: Perspektif Pengabdian dan Pen

Penerapan Metode Tanya Jawab Dalam Meningkatkan Kemampuan Identifikasi Jenis Gerak Makhluk Hidup

Yusniarti, Yusniarti (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Sep 2018

Abstract

Seorang guru menyadari bahwa titik pusat tujuan sekolah menyediakan program pendidikan yang direncanakan untuk memenuhi kebutuhan hal-hal yang berkaitan dengan pendidikan, pribadi dan kebutuhan kemasyarakatan serta kepentingan individu para siswa. Siswa merupakan klien utama yang harus dilayani, oleh sebab itu siswa harus dilibatkan secara aktif dan tepat, tidak hanya dalam proses belajar mengajar melainkan juga di dalam kegiatan sekolah. Di SMP Negeri 4 Siak Hulu, berdasarkan pengamatan di lapangan pada pelajaran jenis gerak makhluk hidup ditemukan fenomena pencapaian hasil belajar siswa kurang dari KKM atau dikatakan belum berhasil. Penerapan metode tanya jawab diduga dapat meningkatkan kemampuan siswa mengidentifikasi jenis gerak. Melalui metode penelitian tindakan kelas dan disurvey kepada siswa kelas VIII dan dianalisis dengan teknik analisis deskriptif, maka hasil menunjukkan perolehan hasil belajar melalui tanya jawab Siklus I, II dan III ketuntasan individual baru mencapai 42.5, 52.5 dan 77.5 Potret pembelajaran IPA sudah mencapai tujuan dengan standar KKM 71. Terdapat peningkatan hasil belajar IPS materigerak pada makhluk hidupdengan menerapkan metode tanya jawab sehingga hasil belajar mengalami peningkatan

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

diklatreview

Publisher

Subject

Humanities Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Other

Description

Jurnal Diklat Review (Online ISSN: 2598-6449| Print ISSN : 2580-4111) published by Komunitas Manajemen Kompetitif. This journal published thrice in April, Agustus dan December. It contain the articles such as scientific papers (research and non-research), analytical studies, theoretical applications ...