ABSTRAK 
 
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kepuasan konsumen di Rumah Sakit Rawamangun Jakarta Timur. Subyek pada penelitian ini yaitu pasien rawat jalan yang berjumlah 98 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa skala kepuasan konsumen yang disusun berdasarkan faktor-faktor kepuasan konsumen menurut Handi Irawan (2003) yang meliputi lima faktor yaitu faktor kualitas produk, harga, kualitas pelayanan, faktor emosional, dan kemudahan serta terdiri dari 20 item favorable. Hasil analisis reliabilitas menunjukkan bahwa skala kepuasan konsumen memiliki koefisien reliabilitas sebesar 0,809 yang berarti skala kepuasan konsumen ini reliabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 46 orang atau 46,9% subyek yang memiliki kepuasan konsumen pada kategori tinggi, 45 orang atau 45,9% subyek memiliki kepuasan konsumen pada kategori sedang, dan 7 orang atau 7,1% subyek memiliki kepuasan konsumen pada kategori rendah. Selain itu, faktor utama yang menimbulkan kepuasan konsumen adalah faktor kemudahan yang memberikan sumbangan sebesar 81,9% terhadap kepuasan konsumen.     Kata Kunci: Kepuasan Konsumen, Rumah Sakit Rawamangun
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2017