PSYCHOPEDIA : Jurnal Psikologi Universitas Buana Perjuangan Karawang
Vol 2, No 1 (2017): PSYCHOPEDIA : Jurnal Psikologi Universitas Buana Perjuangan Karawang

ANALISIS KEPUASAN KERJA PADA KARYAWAN PT. IDS MARKETING INDONESIA

Muharsih, Lania (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jun 2017

Abstract

Penelitian ini berjudul “Analisis Kepuasan Kerja pada Karyawan PT. IDS Marketing Indonesia” dan bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan kerja karyawan di PT. IDS Marketing Indonesia. Subyek pada penelitian ini yaitu seluruh karyawan PT. IDS Marketing Indonesia yang berjumlah 48 orang karyawan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu berupa skala kepuasan kerja karyawan berdasarkan faktor-faktor kepuasan kerja menurut Herzberg (dalam Ashar Sunyoto Munandar, 2001) yang meliputi dua faktor yaitu satisfier dan dissatisfier serta terdiri dari 48 butir pernyataan yang disusun atas 24 butir pernyataan favourable dan 24 butir pernyataan unfavourable. Hasil analisis reliabilitas menunjukkan bahwa skala kepuasan kerja memiliki koefisien reliabilitas sebesar 0,904 yang berarti skala kepuasan kerja ini sangat reliabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 2 orang atau 4,2% karyawan yang memiliki kepuasan kerja pada kategori tinggi, 42 orang atau 87,5% karyawan memiliki kepuasan kerja pada kategori sedang, dan 4 orang atau 8,3% karyawan memiliki kepuasan kerja pada tingkat rendah. Adapun hal yang menjadi tiga fokus utama untuk peningkatan kepuasan kerja karyawan di PT. IDS Marketing Indonesia adalah lingkungan fisik kerja, rekan kerja, dan gaji.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

Psikologi

Publisher

Subject

Humanities Decision Sciences, Operations Research & Management Industrial & Manufacturing Engineering Physics Social Sciences

Description

Jurnal Psychopedia Psikologi Universitas Buana Perjuangan Karawang is a peer-reviewed scientific journal in psychology published by the faculty of Psychology, UBP Karawang. JPUBP: Jurnal Psychopedia Psikology UBP Karawang contains the results of research with quantitative or qualitative approaches ...