Jurnal Wahana Kajian Pendidikan IPS
Vol 1, No 1 (2017): Terbit 2 kali dalam setahun

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEBAK KATA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SDN 20 BARUGA KOTA KENDARI

Sukaesih, Warti (Unknown)
Jamiludin, Jamiludin (Unknown)
Mursidin, Mursidin (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Feb 2017

Abstract

Abstrak: Tujuan penelitian ini ialah: 1) untuk meningkatkan dan menganalisis aktivitas mengajar guru melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Tebak Kata di kelas V SDN 20 Baruga kota Kendari; 2) untuk meningkatkan dan menganalisis aktivitas belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Tebak Kata di kelas V SDN 20 Baruga kota Kendari; 3) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Tebak Kata di kelas V SDN 20 Baruga kota Kendari. Jenis penelitian ini menggunakan data kualitatif dan kuantitatif.  Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah: 1) Penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe Tebak Kata dapat meningkatkan aktivitas mengajar guru. Pada siklus I pertemuan ke-1 aktivitas guru memperoleh persentase sebesar 53, 75%, pada pertemuan ke-2 aktivitas guru dalam kegiatan pembelajaran mencapai 66,25%. Sedangkan pada siklus II aktivitas guru dalam pembelajaran mencapai 82,5%, pada pertemuan ke-2 berhasil melaksanakan seluruh aspek dalam pembelajaran dengan persentase mencapai 95%. 2) Penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe Tebak Kata dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa, pada siklus I pertemuan ke-1 aktivitas siswa mencapai 37,5%, pertemuan ke-2 mencapai 56,25%. Siklus II aktivitas siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran mencapai 81,25%, pertemuan ke-2 meningkat menjadi 93,75%. 3) Penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe Tebak Kata dapat meningkatkan hasil belajar siswa, siklus I ketuntasan secara klasikal siswa mencapai 64% dengan nilai rata-rata 68,26. Siklus II menjadi 96% dengan nilai rata-rata 86,13. Kata Kunci: Model pembelajaran Tebak Kata, aktivitas, hasil belajar siswa.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

JWKP-IPS

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

Jurnal Wahana Kajian Pendidikan IPS adalah jurnal yang memuat hasil penelitian ilmiah yang memiliki nuansa akademik yang inovatif dalam bidang kajian pendidikan IPS. ...