Abstrak: Tujuan penelitian ini ialah: 1) untuk meningkatkan dan menganalisis aktivitas mengajar guru melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Tebak Kata di kelas V SDN 20 Baruga kota Kendari; 2) untuk meningkatkan dan menganalisis aktivitas belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Tebak Kata di kelas V SDN 20 Baruga kota Kendari; 3) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Tebak Kata di kelas V SDN 20 Baruga kota Kendari. Jenis penelitian ini menggunakan data kualitatif dan kuantitatif.  Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah: 1) Penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe Tebak Kata dapat meningkatkan aktivitas mengajar guru. Pada siklus I pertemuan ke-1 aktivitas guru memperoleh persentase sebesar 53, 75%, pada pertemuan ke-2 aktivitas guru dalam kegiatan pembelajaran mencapai 66,25%. Sedangkan pada siklus II aktivitas guru dalam pembelajaran mencapai 82,5%, pada pertemuan ke-2 berhasil melaksanakan seluruh aspek dalam pembelajaran dengan persentase mencapai 95%. 2) Penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe Tebak Kata dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa, pada siklus I pertemuan ke-1 aktivitas siswa mencapai 37,5%, pertemuan ke-2 mencapai 56,25%. Siklus II aktivitas siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran mencapai 81,25%, pertemuan ke-2 meningkat menjadi 93,75%. 3) Penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe Tebak Kata dapat meningkatkan hasil belajar siswa, siklus I ketuntasan secara klasikal siswa mencapai 64% dengan nilai rata-rata 68,26. Siklus II menjadi 96% dengan nilai rata-rata 86,13. Kata Kunci: Model pembelajaran Tebak Kata, aktivitas, hasil belajar siswa.
Copyrights © 2017