Tujuan penelitian yaitu ingin mengetahui penerapan strategi pemasaran personal selling dalam meningkatkan penjualan pada Multindo Optik di Kabupaten Bojonegoro.Hipotesa dalam penelitian ini yaitu diduga penerapan strategi pemasaran personal selling dapat meningkatkan penjualan pada Multindo Optik di Kabupaten Bojonegoro.Penelitian dilakukan di Multindo Optik di Kabupaten Bojonegoro. Jumlah tenaga personal Selling pada Multindo Optik di Kabupaten Bojonegoro. adalah sebanyak 5 (lima) orang, maka semua tenaga personal Selling tersebut diambil untuk diteliti. Berarti penelitian ini dinamakan penelitian populasi.Hasil penelitian yaitu strategi pemasaran yang dilakukan Multindo Optik dan memberikan efek penjualan signifikan adalah menggunakan penjualan langsung dengan angsuran sesuai dengan kemampuan konsumen yang berpegang pada prinsip penjualan personal selling yaitu profesionalisme, negoisasi dan relationship marketing. Posisioning Multindo Optik dalam memasarkan kacamata optik di Kabupaten Bojonegoro adalah produk yang berkualitas tidak harus mahal dan sulit untuk mendapatkannya. Bauran pemasaran yang dipakai adalah produk Multindo optik dapat membantu dan mampu memecahkan masalah konsumen; harga yang dibayarkan konsumen untuk membeli produk tersebut sesuai dengan kebutuhan dan keinginan; produk tersebut mampu menyenangkan konsumen karena mudah diperoleh; Multindo optik melakukan komunikasi produk kepada konsumen secara benar dan tepat sasaran. Kata kunci : pemasaran, personal selling, penjualan
Copyrights © 2019