MENDIDIK: Jurnal Kajian Pendidikan dan Pengajaran
Vol 2 No 1 (2016)

Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Pair Check Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa MTs

Susti Rahmah Yulita (Universitas Mathla'ul Anwar Banten)



Article Info

Publish Date
06 Apr 2016

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran pair check terhadap pemahaman konsep matematika siswa kelas VIII MTs. Mathla’ul Anwar Turus-Patia tahun pelajaran 2015/2016. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan metode eksperimen dengan cara membandingkan hasil belajar kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Eksperimen ini didesain menggunakan model Posttest-only control design. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII A 34 orang dan VIII B sebanyak 33 orang. Jumlah keseluruhan siswa kelas VIII MTs Mathla’ul Anwar Turus-Patia sebanyak 67 orang. Berdasarkan hasil perhitungan data diperoleh nilai rata-rata siswa kelas eksperimen 38,3 dan kelas kontrol 32,7 sehingga diperoleh thitung = 1,81 dengan taraf signifikan = 0.05 diperoleh nilai ttabel= 1,67 maka diperoleh thitung˃ ttabel. Dengan demikian hipotesis penelitian yang penulis rumuskan dapat diterima artinya “terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran Pair Check terhadap pemahaman konsep matematika siswa kelas VIII di MTs. Mathla’ul Anwar Turus-Patia Tahun Pelajaran 2015/2016.”

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

mendidik

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

MENDIDIK: Jurnal Kajian Pendidikan dan Pengajaran (MENDIDIK) merupakan jurnal ilmiah yang dikelola oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mathlaul Anwar Banten dengan tujuan utama menyediakan forum internasional bagi akademisi, peneliti, dan praktisi pendidikan untuk berbagi, ...