Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan penerapan metode bermain dalam meningkatkan hasil belajar lompat jauh siswa kelas V SDN 1 Baruga. Penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas. Karakteristik yang khas dari penelitian tindakan kelas yakni adanya tindakan tertentu (action) untuk memperbaiki proses belajar mengajar guna mencapai tujuan pengajaran serta peningkatan mutu pendidikan. Penelitian tindakan kelas (PTK) ini dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2017/2018 pada siswa kelas V SDN 1 Baruga. Subjek penelitian tindakan kelas ini adalah siswa kelas V SDN 1 Baruga yang berjumlah 24 orang yang terdiri dari 11 siswa putri dan 13 siswa putra. Prosedur penelitian tindakan kelas ini dilakukan dua siklus, dengan tiap siklus dilaksanakan satu kali pertemuan sesuai dengan perubahan yang ingin dicapai pada faktor-faktor yang ingin diselidiki. Dari hasil observasi awal yakni berupa wawancara langsung dengan guru bidang studi penjaskes SDN 1 Baruga, untuk menjawab masalah dalam pembelajaran lompat jauh ditetapkan bahwa tindakan yang akan digunakan untuk meningkatan hasil belajar lompat jauh siswa adalah adanya penggunaan metode pembelajaran bermain dalam proses pembelajaran lompat jauh. Sebagai indikator keberhasilan dalam penelitian tindakan kelas ini adalah apabila siswa yang memperoleh 70 sudah mencapai angka 75 % maka penelitian ini dikatakan tuntas. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan yang telah di kemukakan sebelumnya, untuk tingkat ketuntasan belajar siswa pada siklus I jumlah siswa yang tuntas hanya 70,83%, Selanjutnya pada Siklus II jumlah siswa yang tuntas meningkat menjadi 91,66% atau terjadi peningkatan sebesar 20,83%. Dengan demikian maka hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa hasil belajar lompat jauh siswa kelas V SDN 1 Baruga dapat meningkat melalui penerapan metode bermain. Kata Kunci: Hasil Belajar, Metode Bermain, Lompat Jauh
Copyrights © 2019