Penelitian ini bertujuan untuk melaporkan hasil analisis kemampuan berbicara text deskriptif mahasiswa semester dua STKIP Muhammadiyah Muaro Bungo dan menemukan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Adapun komponen-komponen berbicara teks deskriptif yang dianalisis meliputi isi, tata bahasa, kelancaran, pengucapan, dan kosa kata dengan kategori buruk, rata-rata, bagus, sangat bagus. Metode penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan tes berbicara sebagai instrumennya. Penelitian ini melibatkan seluruh mahasiswa semester dua Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris tahun akademik 2015-2016.Temuan penelitian menunjukkan bahwa; (1) Secara umum kemampuan mahasiswa semester dua dalam komponen berbicara teks descriptif dalam kategori rata-rata dan bagus, (2) perubahan kemampuan berbicara siswa dipengaruhi oleh dua faktor, yaitu (a) faktor internal dipengaruhi oleh motivasi dan kecemasan, dan (b) faktor eksternal yang meliputi materi pembelajaran, kegiatan kelas, pengelolaan kelas dan pendekatan pembelajaran. Dapat disimpulkan dalam pengajaran berbicara teks descriptif masih memerlukan latihan-latihan yang lebih banyak sehingga dapat memberikan hasil yang signifikan pada peningkatan keterampilan berbicara mereka.
Copyrights © 2016