Bahastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Vol 3, No 2 (2019): Edisi Maret 2019

LAGU PERMAINAN RAKYAT “LAYANG-LAYANG” SEBAGAI SASTRA LISAN

Megan Asri Humaira (FKIP Universitas Djuanda Bogor)



Article Info

Publish Date
31 Mar 2019

Abstract

Abstrak. Tujuan penelitian ini adalahuntuk mengetahui struktur, fungsi, dan makna yang terkandung dalam lagu permainan rakyat Layang-Layang. Metodeyang digunakan adalah metode deskriptif analisis yang dilakukan dengan kualitatif. Dengan metode ini, tujuan penelitian dapat diperoleh seacra menyeluruh. Pola irama pada lagu permainan rakyat Layang-Layang ini telah disepakati bersama secara konvensional oleh para penuturnya. Irama yang dilantunkan pun menimbulkan efek semangat pada mereka yang menuturkannya. Selain itu, terdapat dua fungsi dalam penuturannya yaitu sebagai alat pendidikan dan alat pelipur lara. Dengan demikian, adanya lagu permainan laying-layang ini dapat mempengaruhi aktivitas para penuturnya.Kata kunci:folklor, irama, isotopi, lagu permainan rakyat, layang-layang Abstract. The purpose of this study is to find out the structure, functions, and meanings contained in the folk songs of Kites. The method used is a descriptive method of analysis carried out qualitatively. With this method, the purpose of the research can be obtained as a whole. The pattern of rhythm in the Layang-Layang folk songs has been agreed upon conventionally by the speakers. The rhythm that was sung also had an effect on those who said it. In addition, there are two functions in the narrative, namely as an educational tool and solace. Thus, the presence of laying songs can affect the activities of the speakers.Keywords: folklore, rhythm, isotope, folk songs, kites

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

Bahastra

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal yang fokus menerbitkan Penelitian Bahasa; Penelitian Sastra; Penelitian Tindakan Kelas Bahasa; Kajian Pustaka; Pengembangan Bahan Ajar Bahasa; Media Ajar Bahasa; dan Penilaian Pembelajaran ...