Bahastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Vol 1, No 2 (2017): Edisi Maret 2017

KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN BAHAN AJAR INTERAKTIF YANG BERBASIS KEARIFAN LOKAL BREBES DALAM MATA KULIAH SEMANTIK

Kurniawan, Prasetyo Yuli (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2021

Abstract

Abstrak. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan perkuliahan semantik dengan menggunakan bahan ajar interaktif yang berbasis kearifan lokal Brebes dan menguji keefektifan bahan ajar interaktif yang berbasis kearifan lokal Brebes. Metode pada penelitian ini digunakan metode eksperimen. Bentuk eksperimen dalam penelitian ini yaitu one group pretest-postest design.  Jenis eksperimen tersebut menggunakan satu kelas dan terdapat tes awal sebelum diberi perlakuan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa nilai awal (pretest) terdapat mahasiswa yang belum tuntas sebanyak 22 mahasiswa  dan nilai akhir (postest) pada mahasiswa sudah tuntas semua. Hasil uji keefektifan berdasarkan tabel independent samples test menyatakan adanya perbedaan signifikan hasil pretest dan posttest. Dengan demikian dapat d isimpulkan bahwa bahan ajar interaktif mata kuliah semantik yang berbasis kearifan lokal Brebes efektif digunakan dalam perkuliahan.Kata Kunci: metode eksperimen, bahan ajar interaktif, kearifan lokal Brebes,                      semantik.  Abstract. The purpose of this study is to describe and associated semantics with the use of interactive learning materials based local wisdom of Brebes and test the effectiveness of interactive learning materials based local wisdom Brebes. This research method used a method of experimentation. The form of experiments in this study i.e. one group pretest-postest design.  The type of the experiment using a single class, and there are initial tests before being given the treatment. The results of this study showed that the initial value (pretest) there are students who hadn't as much as 22 students and the final value (postest) on students already finished all. Test result table based on the effectiveness of independent samples test stating the existence of significant differences result pretest and posttest. Thus it can be d isimpulkan that interactive learning materials courses semantics based local wisdom Brebes effectively used in lectures.Keyword: experimental methods, interactive learning materials, local wisdom of                  Brebes, semantics.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

Bahastra

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal yang fokus menerbitkan Penelitian Bahasa; Penelitian Sastra; Penelitian Tindakan Kelas Bahasa; Kajian Pustaka; Pengembangan Bahan Ajar Bahasa; Media Ajar Bahasa; dan Penilaian Pembelajaran ...