JURNAL PERSPEKTIF PENDIDIKAN
Vol 12 No 1 (2018): Pendidikan dan Pembelajaran

OPTIMALISASI MEDIA KOMIK TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS NASKAH DRAMA

Muhtadin M. (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2018

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media komik dapat dalam menulis naskah drama siswa kelas VIII MTS Mazro’illah Lubuklinggau. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen murni. Tes yang diberikan pada siswa sampel kelas eksperimen dan kelas kontrol sama, yaitu berupa menulis puisi. Berdasarkan analisis data diperoleh bahwa nilai rata-rata pretes siswa kelas eksperimen adalah 41,79 dan untuk kelas kontrol adalah 41,43. Sedangkan untuk postes nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 76,61 dan untuk kelas kontrol adalah 64,29. Jadi dapat dikatakan bahwa nilai rata-rata kelas eksperimen lebih besar dari nilai rata-rata kelas kontrol. Data tes yang terkumpul kemudian dianalisis menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil analisis uji "t" (uji perbedaan dua rata-rata) di dapat thitung = 4,61. Selanjutnya thitung dikonsultasikan dengan nilai ttabel pada daftar distribusi t dengan taraf signifikan 1% pada derajat kebebasan dk = n1 + n2 – 2 = 28 + 28 – 2 = 54. Dikarenakan dk = 54 tidak ada maka diambil dk = 60. Dengan demikian thitung (4,61) > ttabel (2,66) untuk taraf signifikan 1%, thitung (4,61) > ttabel (2,00) untuk taraf signifikan 5%, hal ini berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini dapat diterima kebenarannya, bahwa Strategi What”s My Line berpengaruh terhadap Kemampuan Menulis Puisi Siswa Kelas X SMA Mazro’illah.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

JPP

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Perspektif Pendidikan (JPP) memuat artikel hasil penelitian Pendidikan, Pembelajaran, Penelitian dan pengembangan Pendidikan dalam bidang Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Bahasa Indonesia, Pendidikan Matematika, Pendidikan Fisika, Pendidikan Biologi, Pendidikan Sejarah, Pendidikan ...