JURNAL PERSPEKTIF PENDIDIKAN
Vol 13 No 1 (2019): Jurnal Perspektif Pendidikan

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK PADA MATA PELAJARAN FISIKA SISWA KELAS X SMA NEGERI SUKAKARYA

Ovilia Putri Utami Gumay (STKIP PGRI Lubuklinggau, Indonesia)
Andi Framanta (STKIP PGRI Lubuklinggau, Indonesia)



Article Info

Publish Date
03 Jul 2019

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar fisika siswa kelas X SMA Negeri Sukakarya setelah penerapan model Pembelajaran Talking Stick. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen yang dilakukan dengan tidak adanya kelas pembanding. Berdasarkan Hasil observasi awal yang dilakukan peneliti di SMA Sukakarya diperoleh nilai rata-rata ulangan harian siswa kelas X hanya mencapai 67,65. Sedangkan Kriteria Ketuntasan Minimal yang ditetapkan sekolah yaitu 72. Populasi adalah semua siswa kelas X SMA Negeri Sukakarya yang berjumlah 60 siswa dan sampel kelas X.2 diambil secara acak. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa rata-rata hasil belajar siswa sebesar 73,58 dan persentase jumlah siswa tuntas sebesar 61,54% dengan hasil uji-t dengan taraf kepercayaan 5% dan dk = n – 1 didapat thitung = 0,68 dan ttabel = 1,708. Karena thitung < ttabel maka hasil belajar fisika siswa kelas X SMA Negeri Sukakarya setelah diterapkan model Talking Stick tuntas namun tidak secara signifikan.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

JPP

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Perspektif Pendidikan (JPP) memuat artikel hasil penelitian Pendidikan, Pembelajaran, Penelitian dan pengembangan Pendidikan dalam bidang Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Bahasa Indonesia, Pendidikan Matematika, Pendidikan Fisika, Pendidikan Biologi, Pendidikan Sejarah, Pendidikan ...