JURNAL PERSPEKTIF PENDIDIKAN
Vol 8 No 2 (2014): Jurnal Perspektif Pendidikan

ANALISIS MISKONSEPSI MAHASISWA PADA KONSEP GAYA DAN HUKUM NEWTON TENTANG GERAK

Saparini S. (Universitas Sriwijaya)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2014

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui miskonsepsi yang dialami oleh mahasiswa Pendidikan Fisika STKIP-PGRI Lubuklinggau pada konsep gaya dan hukum Newton tentang gerak. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan tes objektif dengan alasan dilengkapi dengan Certainty of Response Index (CRI) dan wawancara pada konsep gaya dan hukum Newton tentang gerak. Hasil penelitian menunjukkan persentase miskonsepsi yang terjadi paling besar pada konsep hukum I Newton pada soal nomor 1 sebesar 94,7% mahasiswa mengalami miskonsepsi dan yang paling rendah miskonsepsi terjadi pada konsep gaya gesekan pada soal nomor 2 sebesar 36,8%. Hampir semua mahasiswa mengalami miskonsepsi (94,7%) dengan menganggap bahwa waktu jatuhnya benda selalu dipengaruhi oleh berat benda. Penyebab miskonsepsi yang berasal dari mahasiswa antara lain konsep awal, kemampuan, tahap perkembangan kognitif mahasiswa, pemikiran asosiasi, pemikiran humanistik, alasan yang tidak lengkap atau salah, intuisi yang salah dan minat belajar siswa atau mahasiswa. Solusi untuk mengatasi miskonsepsi yang disarankan yaitu dengan menyiapkan dan mempelajari konsep yang akan diajarkan, merencanakan pembelajaran sesuai dengan karakteristik konsep yang akan diajarkan dan yang paling penting adalah bagaimana cara menumbuhkan minat belajar mahasiswa.

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

JPP

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Perspektif Pendidikan (JPP) memuat artikel hasil penelitian Pendidikan, Pembelajaran, Penelitian dan pengembangan Pendidikan dalam bidang Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Bahasa Indonesia, Pendidikan Matematika, Pendidikan Fisika, Pendidikan Biologi, Pendidikan Sejarah, Pendidikan ...