Tujuan penelitian ini adalah mengetahui peningkatan hasil belajar siswa melalui metode kerja kelompok. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan metode kerja kelompok. Penelitian ini dilaksanakan selama dua siklus penelitian dengan masing-masing siklus menempuh prosedur perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Tindakan dua siklus menghasilkan peningkatan hasil belajar siswa yang cukup signifikan mulai dari posttest sebelum tindakan, posttest siklus I maupun posttest siklus II. Hasil akhir penelitian ini dapat disimpulkan bahwa tindakan dua siklus berhasil menunjukkan peningkatan yaitu persentase ketuntasan posttest rata-rata sebelum tindakan adalah 52,78, pada siklus I meningkat menjadi 63,89, dan nilai rata-rata pada siklus II 78,33. Persentase peningkatan hasil belajar siswa setelah diberi tindakan adalah 34,73 %.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2014