JURNAL PERSPEKTIF PENDIDIKAN
Vol 8 No 2 (2014): Jurnal Perspektif Pendidikan

ANALISIS KEMAMPUAN MAHASISWA MENGIDENTIFIKASI TUMBUHAN PAKU (PTERDOPHYTA)

Linna Fitriani (STKIP PGRI Lubuklinggau)
Yunita Wardianti (STKIP PGRI Lubuklinggau)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2014

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kemampuan mahasiswa mengidentifikasi tumbuhan paku dan mengetahui jenis tumbuhan paku hasil identifikasi. Jenis penelitian ini deskriptif kuantitatif, dengan subjek mahasiswa STKIP program Studi Biologi. Penelitian dilakukan pada bulan November 2014. Penelitian ini diawali persiapan instrumen, membawa mahasiswa melakukan pengamatan dan pengambilan spesimen ke lapangan, kegiatan di laboratorium untuk membuat herbarium, dan pengidentifikasian selanjutnya memberikan soal tes kemampuan mengidentifikasi. Observasi dilakukan selama kegiatan mahasiswa berlangsung. Pengolahan data hasil tes dan lembar observasi dengan menghitung jumlah skor dan dikonversikan ke dalam bentuk nilai kemudian menginterpretasi nilai tersebut berdasarkan predikat. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan mahasiswa mengidentifikasi tumbuhan paku berdasarkan nilai tes dikategorikan cukup, dan berdasarkan hasil observasi kemampuan mahasiswa mengidentifikasi tumbuhan paku dalam kategori sedang. Hasil identifikasi ada 27 jenis tumbuhan paku yang digolongkan ke dalam 16 famili.

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

JPP

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Perspektif Pendidikan (JPP) memuat artikel hasil penelitian Pendidikan, Pembelajaran, Penelitian dan pengembangan Pendidikan dalam bidang Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Bahasa Indonesia, Pendidikan Matematika, Pendidikan Fisika, Pendidikan Biologi, Pendidikan Sejarah, Pendidikan ...