Jurnal Manajemen
Vol 8 No 2 (2018): JURNAL MANAJEMEN VOL. 8 NO. 2 DESEMBER 2018

DAMPAK PENGENDALIAN KUALITAS PRODUKSI DAN PENGEMBANGAN PRODUK GAMBIR DALAM PENINGKATAN KEPUASAN KONSUMEN PADA UNIT USAHA JASA DAN INDUSTRI ANDALAS FARMA

Febriani Febriani (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Jan 2019

Abstract

Produksi gambir (Uncaria gambir (Hunter) merupakan komoditi ekspor di Indonesia yang sangat berperan dalam meningkatkan pembangunan industri nasional. Peningkatan kualitas dan pengembangan produk gambir perlu ditingkatkan untuk meningkatkan kepuasan konsumen dan mempertahankan posisi perusahaan sebagai innovator dan menjaga pangsa pasar yang ada. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana dampak kualitas produksi dan pengembangan produk gambir dalam peningkatan kepuasan kosumen pada Unit Usaha Jasa dan Industri Andalas Farma. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif, sampel dalam penelitian ini dibagi menjadi dua objek yaitu internal dan eksternal. Teknik pengumpulan data yang digunakan dilapangan dalam penelitian adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian diperoleh bahwa dampak kualitas produksi dan pengembangan produk gambir dalam peningkatkan kepuasan konsumen pada Unit Usaha Jasa dan Industri Andalas Farma adalah bahwa produksi gambir di unit usaha jasa dan industri andalas farma memiliki kualitas yang bagus. Kualitas yang bagus terlihat dari proses produksi, alat yang digunakan serta hasil yang diperoleh cukup baik. Sedangkan pengembangan produks gambir ini adalah bahwa gambir tidak hanya sebagai obat tetapi juga sebagai bahan kosmestik

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

manajemen

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Manajemen Fokus pada hasil penelitian empiris maupun kajian konseptual dan teoritis dalam bidang: Manajemen Keuangan, Manajemen Pemasaran, Manajemen Sumber Daya Manusia, Manajemen Operasi, dan ...