cover
Contact Name
Risal Rinofah, S.E., M.Sc
Contact Email
risal.rinofah@ustjogja.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
risal.rinofah@ustjogja.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota yogyakarta,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Jurnal Manajemen
ISSN : 20887698     EISSN : 25414348     DOI : 10.26460
Core Subject : Economy,
Jurnal Manajemen Fokus pada hasil penelitian empiris maupun kajian konseptual dan teoritis dalam bidang: Manajemen Keuangan, Manajemen Pemasaran, Manajemen Sumber Daya Manusia, Manajemen Operasi, dan Kewirausahaan.
Arjuna Subject : -
Articles 269 Documents
ANALISIS SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PENJUALAN PADA PERUM BULOG DIVRE AMBON Maximiliane L C Hukom
JURNAL MANAJEMEN Vol 4 No 1 (2014): JURNAL MANAJEMEN VOL. 4 NO. 1 JUNI 2014
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30738/jm.v4i1.163

Abstract

Writing aims to acknowledge and analyse about the accounting system sales at Perum Bulog Divre Ambon. This writing using this type of data are classified into primary data and secondary data. Next were analyzed using the methods of analysis deskritif. Accounting information system sales at Perum Bulog Divre Ambon is a blend of process information system and procedures that form a network that closely, and are inseparable from each other, all accounting activities and other major activities, in order to streamline all other major activities of an enterprise so that supervision by the command can be run as well as possible and achievable goals efficiently. Results of the research in deskritif that the application of the accounting information system sales at Perum Bulog Divre can provide information for the leadership of the company, it is seen in the preparation of the information systems and procedures, sales, Procurement, transaction evidence recording of transactions to reporting information is adequate because the evidence of the transaction created some duplicate ordinal number, given the evidence, the transactions are recorded on a daily basis based on evidence of a transaction, there is code in the same transaction estimates, are grouped as well as making accounting information system reports. For the process of classification the transactions, the company has also been using the method of approximate estimation of where the code has been standardized in the form of a guidebook with explanations and usage. Keyword : accounting system
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN NILAI PELANGGAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN MELALUI KEPUASAN EMOSIONAL PADA PELANGGAN ANNA FACE & BODY CARE CENTRE SARAWAK Lyana Lyana
Jurnal Manajemen Vol 6 No 1 (2016): JURNAL MANAJEMEN VOL. 6 NO. 1 JUNI 2016
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26460/jm.v6i1.203

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji signifikansi pengaruh positif kualitas pelayanan terhadap kepuasan emosional. Menguji signifikansi pengaruh positif nilai pelanggan terhadap kepuasan emosional. Menguji signifikansi pengaruh positif kepuasan emosional terhadap. Menguji signifikansi pengaruh positif Kualitas Layanan terhadap loyalitas pelanggan melalui kepuasan emosional sebagai variable intervening. Menguji signifikansi pengaruh positif nilai pelanggan terhadap loyalitas pelanggan melalui kepuasan emosional sebagai variable intervening. Variabel penelitian ini adalah kualitas pelayanan, nilai pelanggan, kepuasan emosional dan loyalitas pelanggan. Populasi dalam penelitian ini yaitu semua konsumen dari ANNA Face & Body Care Centre Sarawak yang jumlahnya tidak dapat diketahui, sehingga jumlah sampel penelitian ini 100, dengan metode pengambilan sampel probabilitas sampling dan acidental sampling. Metode pengambilan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis yang digunakan adalah jalur path dengan persamaan regresi linier berganda dengan taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian diperoleh persamaan 1 Y1 = 0,310X1 + 0,236X2. Kualitas pelayanan mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan emosional. Nilai pelanggan mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan emosional. Kualitas pelayanan dan nilai pelanggan secara simultan berpengaruh terhadap kepuasan emosional. Kepuasan emosional (Y) dipengauhi kualitas pelayanan dan nilai pelanggan sebesar 14,8%. Persamaan 2 diperoleh persamaan regresi Y2 = 0,281X1 + 0,207X2 + 0,338Y1. Kualitas pelayanan mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Nilai pelanggan mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan Kepuasan emosional mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Kualitas pelayanan, nilai pelanggan dan kepuasan emosional secara simultan berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan, Loyalitas pelanggan (Y2) dipengaruhi kualitas pelayanan, nilai pelanggan dan kepuasan emosional sebesar 32,6%. Kepuasan emosional mampu memperkuat secara positif hubungan antara kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan. Kepuasan emosional mampu memperkuat secara positif hubungan antara nilai pelanggan terhadap loyalitas pelanggan. Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Nilai Pelanggan, Kepuasan Emosional dan Loyalitas Pelanggan
PENGARUH KEPEMIMPINAN DAN KOMPENSASI TERHADAP KINERJA DENGAN DIMEDIASI KEPUASAN KERJA PADA KARYAWAN WAROENG SPESIAL SAMBAL YOGYAKARTA Inayat Hanum Indriati
Jurnal Manajemen Vol 9 No 1 (2019): JURNAL MANAJEMEN VOL. 9 NO. 1 Juni 2019
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26460/jm.v9i1.1004

Abstract

The research aims to find out: 1) the influence of leadership on job satisfaction; the influence of leadership on performance; 3) the effect of compensation on job satisfaction; 4) the effect of compensation on performance; 5) the effect of job satisfaction on performance; 6) indirect effect of leadership on employee performance mediated by job satisfaction; and 7) indirect effect of compensation on the performance of employees of Waroeng SS Yogyakarta, mediated by job satisfaction. The study was conducted on employees of Waroeng SS Yogyakarta, with a population of 500 employees. The sample in this study was set at 200 using accidental sampling. Data collection is done using a questionnaire. Data analysis techniques are used Structural Equation Model (SEM). The results showed that leadership had a positive and significant effect on job satisfaction, with a CR of 3.942 and p of 0.000 (p <0.05). Leadership has a positive and significant effect on performance, with CR of 2.327 and p of 0.020 (p <0.05). Compensation has a positive and significant effect on job satisfaction, with CR of 2.432 and p of 0.015 (p <0.05). Compensation has a positive and significant effect on performance, with CR of 2.876 and p of 0.004 (p <0.05). Job satisfaction has a positive and significant effect on performance, with CR of 3.800 and p of 0.000 (p <0.05). Leadership has an indirect effect on the performance of employees of Waroeng SS Yogyakarta, mediated by job satisfaction, with Sobel's Z of 2.732911 and p of 0.006277732 (p <0.05). Compensation has an indirect effect on the performance of employees of Waroeng SS Yogyakarta, mediated by job satisfaction, with Sobel's Z of 2.040175 and p of 0.041332877 (p <0.05).
Menjamurnya Usaha Franchise Di Yogyakarta (Tahu Bulat Tiara) Rizky Aditya Setiawan; Oscar Valentino; Jajuk herawati
JURNAL MANAJEMEN Vol 1 No 1 (2011): JURNAL MANAJEMEN VOL. 1 NO. 1 DESEMBER 2011
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30738/jm.v1i1.133

Abstract

...
PENGARUH PERSEPSI IKLAN DI TELEVISI DAN IKLAN DI MEDIA CETAK TERHADAP MOTIVASI MENABUNG DI BANK CIMB NIAGA YOGYAKARTA Ratna Wulandari
JURNAL MANAJEMEN Vol 3 No 2 (2013): JURNAL MANAJEMEN VOL. 3 NO. 2 DESEMBER 2013
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30738/jm.v3i2.157

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui apakah persepsi iklan di televisi dan persepsi Iklan di media cetak secara simultan berpengaruh terhadap motivasi menabung di bank CIMB Niaga. (2) Untuk mengetahui apakah persepsi iklan di televisi dan persepsi Iklan di media cetak secara individual berpengaruh terhadap motivasi menabung di bank CIMB Niaga. (3)Untuk mengetahui variabel manakah yang akan berpengaruh dominan terhadap variabel independent dalam menabung untuk menjadi nasabah di Bank CIMB Niaga. Penelitian ini bersifat deskriptif kuantitatif. Dalam penelitian ini populasinya adalah calon nasabah yang bertempat tinggal di Yogyakarta. Sampel yang diambil sebanyak 100 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner. Data yang diperoleh kemudian di uji validitasnya dan reliabilitas, dan juga untuk menjawab tujuan penelitian pertama, kedua dan ketiga, kemudian pengujian hipotesis mengunakan analisis regresi liniear berganda, serta untuk menjawab tujuan yang penelitian yang ke tiga menggunakan uji stepwise. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan yang telah dilakukan, maka dapat diambil kesimpulan sebagai berikut: 1. Persamaan Regresi Linear Berganda Y = 0,932X1 + 0,048X2 2. Ada pengaruh yang signifikan antara variabel independen (persepsi iklan di televisi dan persepsi iklan di media cetak) terhadap variabel dependen (motivasi menabung) di Bank Cimb Niaga di Yogyakarta. Hali ini terbukti dengan analisis yang telah dilakukan dengan bantuan computer SPSS 17. Dimana diperoleh F-hitung ≥ F-tabel atau 857,663 ≥ 3,840, pada taraf signifikansi 0,05 < 0,000. 3. Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan dapat diketahui t-hitung untuk variabel persepsi iklan di televisi sebesar 20,945 lebih besar dari t-tabel 1,960 pada taraf signifikansi 0,025 < 0,005 dan nilai t-hitung untuk variabel persepsi iklan di media cetak sebesar 1,068 ada pengaruh secara.signifikan 4. Berdasarkan hasil uji stepwise diketahui bahwa variabel persepsi iklan di televisi (X1) mempunyai pengaruh paling dominan terhadap variabel dependen (Y) motivasi menabung. Kata Kunci: Persepsi Iklan di Televisi, Persepsi Iklan di Media Cetak, Motivasi Menabung
PENGARUH KEPUASAN KONSUMEN DAN KEPERCAYAAN MEREK PADA NIAT BERKUNJUNG KEMBALI HOTEL DI YOGYAKARTA RR. Siti Muslikhah; Yuni Astuti; Mahyuddin Mahyuddin
JURNAL MANAJEMEN Vol 5 No 1 (2015): JURNAL MANAJEMEN VOL. 5 NO. 1 JUNI 2015
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30738/jm.v5i1.185

Abstract

This study aimed to examine the effect of customer satisfaction on revisit intention hotel in Yogyakarta, either directly or through the mediation of brand trust. Respondents in this study is that stayed in one-star hotels in Yogyakarta. To test the hypothesis quantitatively, the data obtained through a survey of 106 respondents. Sampling method nonprobability sampling with purposive sampling method. Validity testing performed by Confirmatory Factor Analysis (CFA) while reliability testing performed by the item to total correlation and Cronbach's alpha. Meanwhile, to test the effect among variables used hierarchical regression analysis and analysis of mediation Baron and Kenny (1986). Results from this study is that customer satisfaction significant effect on brand trust, brand trust a significant effect on revisit intention. This study also proved that customer satisfaction significant influence on purchase intention of re-either directly or indirectly, that is mediated confidence in the brand. The role of mediation is partially. Keywords: consumer satisfaction, brand trust, repurchase/revisit intention, mediation.
PENGARUH PERSEPSI MAHASISWA TENTANG VARIASI PEMBELAJARAN MATA KULIAH BANK DAN LEMBAGA KEUANGAN LAINNYA Sri Hermuningsih; Kristi Wardani; Kusuma Chandra Kirana
Jurnal Manajemen Vol 7 No 2 (2017): JURNAL MANAJEMEN VOL. 7 NO. 2 DESEMBER 2017
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26460/jm.v7i2.223

Abstract

Metode pembelajaran mata kuliah Bank Dan Lembaga Keuangan Lainnya di Perguruan Tinggi pada umumnya masih berlangsung secara klasikal berupa tatap muka di kelas antara mahasiswa dan dosen yang mengacu pada referensi/buku. Upaya untuk memperbaiki proses pembelajaran tersebut dengan pengembangan model pendekatan kontekstual dalam pembelajaran mata kuliah Bank Dan Lembaga Keuangan Lainnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji persepsi mahasiswa tentang pembelajaran mata kuliah Bank Dan Lembaga Keuangan Lainnya dengan pendekatan kontekstual. Sampel penelitian sejumlah 100 mahasiswa Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi UST yang menempuh mata kuliah Bank Dan Lembaga Keuangan Lainnya. Metode analisis dengan pendekatan perilaku penggunaan sistem informasi Technology Acceptance Model (TAM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kategori sangat tinggi sebesar 26 % kategori tinggi sebesar 62 % dan kategori sedang sebesar 12 %. Kata kunci : persepsi. Pembelajaran kostekstual, Bank Dan Lembaga Keuangan Lainnya
Strategi Efektif Untuk Pengembangan Bisnis UKM Yogyakarta Di Pasar Internasional: Studi Kasus UKM Wedang Uwuh Bu Yani Yusuf Mustofa; Siti Nurfaizah; Agustin Eka Nurhayati; R. Sahedhy Noor SK
JURNAL MANAJEMEN Vol 1 No 1 (2011): JURNAL MANAJEMEN VOL. 1 NO. 1 DESEMBER 2011
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30738/jm.v1i1.132

Abstract

This paper is the result of field research on SME business that is engaged in the drinks, especially the traditional drink in the wedang uwuh Imogiri area, Bantul. In this paper presented several business development strategies that can be carried out by SMEs wedang uwuh Mrs. Yani. Observed variables that includes strengths, weaknesses, opportunities, threats, and strategies for SME development wedang uwuh. Retrieval of datanusing this field metodewawancara, survey respondents are SMEs wedang uwuh Bu Imogiri Yani located in Bantul. The findings in the study include: In SMEs wedang uwuh Mrs. Yani, we found a lot of advantages, among others, a strategic location, as well as the many benefits of wedang uwuh good for health; drawback of these SMEs are at a less attractive product packaging, the composition of the packaging that is not the same between one another as well as products can not last longer than 6 weeks. Recommendation that we ask more, described in this paper.
ANALISIS KEPUASAN PELANGGAN MIGRASI PRABAYAR DI WILAYAH PT PLN (Persero) RAYON KROYA Irmawati Irmawati; R. Sahedhy Noor SK
JURNAL MANAJEMEN Vol 3 No 1 (2013): JURNAL MANAJEMEN VOL. 3 NO. 1 JUNI 2013
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30738/jm.v3i1.151

Abstract

The research aimed to examine customer satisfaction of prepaid electricity PLN Rayon Kroya using model that developed by Parasuramanet.al.consist of variables tangibles, reliability, responsiveness, assurance, andemphaty. One hundred respondents were chosen as samples by purposive sampling method. Data were analyzed by Compare Mean: Paired Sample T-Test. The result showed that there were not significant differences between customer expectation and customer perceived services on prepaid electricity PLN Rayon Kroya consist of variables tangible, reliability, responsiveness, assurance and empathy. It is concluded that PLN Rayon Kroya able to achieve the quality of their services which could satisfy the customers expectations. It was because the management PLN Rayon Kroya could interpret the services quality expected by the customers. Keywords : tangibles, reliability, responsiveness, assurance, emphaty, services, and satisfaction
ANALISIS OPTIMALISASI ASET PADA TERMINAL MENGGALA DI KABUPATEN TULANG BAWANG PROVINSI LAMPUNG Sri Wahyuni; Rifki Khoirudin
JURNAL MANAJEMEN Vol 5 No 2 (2015): JURNAL MANAJEMEN VOL. 5 NO. 2 DESEMBER 2015
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kabupaten Tulang Bawang terus memacu pertumbuhan ekonomi daerahnya, strategi ini diharapkan dapat medorong peningkatan sumber-sumber penerimaan daerah, khususnya penerimaan yang berasal dari daerah. Meningkatnya aktivitas ekonomi daerah Kabupaten Tulang Bawang, akan mendorong kebutuhan akan trasnportasi khususnya trasportasi darat mengharuskan adanya peningkatan pelayanan terhadap pengguna jasa transportasi darat. Pendekatan yang digunakan dalam Analisis Evaluasi Terminal Menggala sebagai Aset Daerah Kabupaten Tulang Bawang - Lampung ini dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif-rasionalistik. Metodologi kualitatif-rasionalistik ini didasarkan atas pendekatan menyeluruh/holistik berupa suatu konsep umum (grand concepts) yang diteliti pada objek tertentu (specifics), yang kemudian didudukan kembali hasil penelitiannya pada konsep umumnya. Operasional Terminal Menggala ini ternyata tidak optimal, terbukti dengan tidak adanya mobilitas kendaraan didalam terminal, seharusnya terminal Menggala menjadi pusat penarikan retribusi terminal. Retribusi terminal ditarik melalui Tempat Pemungutan Retribusi (TPR) yang ada di beberapa titik di Kabupaten Tulang Bawang yang berjumlah kurang lebih 16 titik pemungutan dan pungutan liar (pungli) diluar terminal dan retribusi sudah ditarik di pos TPR diluar terminal sehingga Terminal Menggala terkesan sebagai terminal mati.

Page 1 of 27 | Total Record : 269


Filter by Year

2011 2025


Filter By Issues
All Issue Vol. 15 No. 1 (2025): JURNAL MANAJEMEN VOL. 15 NO. 1 JUNI 2025 Vol 15 No 1 (2025): JURNAL MANAJEMEN VOL. 15 NO. 1 JUNI 2025 - Article in Press Vol 15 No 2 (2025): JURNAL MANAJEMEN VOL 15 NO 2 Vol. 14 No. 2 (2024): JURNAL MANAJEMEN VOL. 14 NO. 2 DESEMBER 2024 Vol. 14 No. 1 (2024): JURNAL MANAJEMEN VOL. 14 NO. 1 JUNI 2024 Vol. 13 No. 2 (2023): JURNAL MANAJEMEN VOL. 13 NO. 2 DESEMBER 2023 Vol. 13 No. 1 (2023): JURNAL MANAJEMEN VOL. 13 NO. 1 JUNI 2023 Vol. 12 No. 2 (2022): JURNAL MANAJEMEN VOL. 12 NO. 2 DESEMBER 2022 Vol. 12 No. 1 (2022): JURNAL MANAJEMEN VOL. 12 NO. 1 JUNI 2022 Vol 11 No 2 (2021): JURNAL MANAJEMEN VOL. 11 NO. 2 DESEMBER 2021 Vol 11 No 1 (2021): JURNAL MANAJEMEN VOL. 11 NO. 1 JUNI 2021 Vol 10 No 2 (2020): JURNAL MANAJEMEN VOL. 10 NO. 2 DESEMBER 2020 Vol 10 No 1 (2020): JURNAL MANAJEMEN VOL. 10 NO. 1 JUNI 2020 Vol 9 No 2 (2019): JURNAL MANAJEMEN VOL. 9 NO. 2 DESEMBER 2019 Vol 9 No 1 (2019): JURNAL MANAJEMEN VOL. 9 NO. 1 Juni 2019 Vol 8 No 2 (2018): JURNAL MANAJEMEN VOL. 8 NO. 2 DESEMBER 2018 Vol 8 No 1 (2018): JURNAL MANAJEMEN VOL. 8 NO. 1 JUNI 2018 Vol 7 No 2 (2017): JURNAL MANAJEMEN VOL. 7 NO. 2 DESEMBER 2017 Vol 7 No 1 (2017): JURNAL MANAJEMEN VOL. 7 NO. 1 JUNI 2017 Vol 6 No 2 (2016): JURNAL MANAJEMEN VOL. 6 NO. 2 DESEMBER 2016 Vol 6 No 1 (2016): JURNAL MANAJEMEN VOL. 6 NO. 1 JUNI 2016 Vol 5 No 2 (2015): JURNAL MANAJEMEN VOL. 5 NO. 2 DESEMBER 2015 Vol 5 No 1 (2015): JURNAL MANAJEMEN VOL. 5 NO. 1 JUNI 2015 Vol 4 No 2 (2014): JURNAL MANAJEMEN VOL. 4 NO. 2 DESEMBER 2014 Vol 4 No 1 (2014): JURNAL MANAJEMEN VOL. 4 NO. 1 JUNI 2014 Vol 3 No 2 (2013): JURNAL MANAJEMEN VOL. 3 NO. 2 DESEMBER 2013 Vol 3 No 1 (2013): JURNAL MANAJEMEN VOL. 3 NO. 1 JUNI 2013 Vol 2 No 2 (2012): JURNAL MANAJEMEN VOL. 2 NO. 2 DESEMBER 2012 Vol 2 No 1 (2012): JURNAL MANAJEMEN VOL. 2 NO. 1 JUNI 2012 Vol 1 No 1 (2011): JURNAL MANAJEMEN VOL. 1 NO. 1 DESEMBER 2011 More Issue