Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 22 Dangin Puri di Kelas III yang kemampuan siswanya untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia cukup rendah. Tujuan penulisan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mengetahui apakah model pembelajaran Tematik dengan penerapan metode bercakap-cakap dan bercerita dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Metode pengumpulan datanya adalah tes prestasi belajar. Metode analisis datanya adalah deskriptif. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah model pembelajaran Tematik dengan penerapan metode bercakap-cakap dan bercerita dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Ini terbukti dari hasil yang diperoleh pada pada awalnya 64,72. setelah diberikan tindakan pada siklus I meningkat menjadi 66,47 dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 77,76. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah pembelajaran Tematik dengan penerapan metode bercakap-cakap dan bercerita dapat meningkatkan prestasi belajar Bahasa Indonesia siswa kelas III semester I Tahun Pelajaran 2017/2018 SD Negeri 22 Dangin Puri
Copyrights © 2018