Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar
Vol 3, No 2 (2018)

PENINGKATAN LATIHAN TERBIMBING DENGAN PENDEKATAN MODEL PEMBELAJARAN KONTSTRUKTIVISME SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS III SEMESTER I SDN 2 PEGUYANGAN TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Sitiasih, Ni Made ( SDN 2 Peguyangan)



Article Info

Publish Date
11 Jul 2019

Abstract

Pelaksanaan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatkan prestasi belajar siswa kelas III semester I SD Negeri 2 Peguyangan  Tahun pelajaran 2017/ 2018 setelah diterapkan metode Latihan terbimbing dengan pendekatan model pembelajaran Kontruktifisme sebagai upaya untuk meningkatkan prestasi belajar  siswa akibat penggunaan metode yang kurang variatif yang masih menggunakan model yang terus menerus dinyatakan tanpa teori yang memadai. Setelah data dikumpulkan menggunakan alat berupa tes prestasi belajar siswa dari rata-rata awal 60,5 naik menjadi 68,11 pada siklus I dan naik menjadi 72,56 pada siklus II. Hasil pada siklus II sudah sesuai harapan indicator keberhasilan penelitian oleh karenanya penelitian ini tidak dilanjutkan ke siklus berikutnya. Dengan perolehan data tersebut dapat dipastikan bahwa penerapan metode pendekatan kontruktivisme dalam pelaksanaan proses pembelajaran mampu meningkatkan prestasi belajar siswa sehingga hipotesis yang diajukan dapat diterima.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

AW

Publisher

Subject

Education

Description

Adi Widya merupakan media untuk mempublikasikan hasil penelitian yang berkaitan dengan topik Pendidikan Dasar, seperti pendekatan, metode, model, strategi ataupun kebijakan-kebijakan pada pendidikan dasar. Jurnal ini terbit dua kali dalam setahun, yakni pada bulan April dan Oktober. ...