Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar
Vol 4, No 1 (2019)

MODEL PEMBELAJARAN DIRECT INSTRUCTION DENGAN METODE DEMONSTRASI SEBAGAI UPAYA UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN SISWA KELAS III SEMESTER I TAHUN PELAJARAN 2018/ 2019 SD NEGERI 22 DAUH PURI

Alit, I Gst Ayu Nyoman ( SD Negeri 22 Dauh Puri)



Article Info

Publish Date
23 Jul 2019

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 22 Dauh Puri di Kelas III yang prestasi belajar pendidikan jasmani olah raga dan kesehatan  masih rendah. Tujuan penulisan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mengetahui apakah model Direct Instruction dengan metode Demonstrasi  dapat meningkatkan prestasi belajar siswa.             Metode pengumpulan datanya adalah tes prestasi belajar. Metode analisis datanya adalah deskriptif.          Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah model Direct Instruction dengan metode demonstrasi  dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Ini terbukti dari hasil yang diperoleh 63,43 pada pada awalnya  setelah diberikan tindakan pada siklus I meningkat menjadi 68,14  dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 76,09. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah model Direct Instruction dengan metode demonstrasi   dapat meningkatkan prestasi belajar pendidikan jasmani olah raga dan kesehatan siswa kelas III semester I Tahun Pelajaran 2018/2019  SD Negeri 22 Dauh Puri.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

AW

Publisher

Subject

Education

Description

Adi Widya merupakan media untuk mempublikasikan hasil penelitian yang berkaitan dengan topik Pendidikan Dasar, seperti pendekatan, metode, model, strategi ataupun kebijakan-kebijakan pada pendidikan dasar. Jurnal ini terbit dua kali dalam setahun, yakni pada bulan April dan Oktober. ...