Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar
Vol 3, No 2 (2018)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KUANTUM DENGAN BANTUAN LKS UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPA SISWA KELAS VI SEMESTER I SD NEGERI 4 TONJA TAHUN PELAJARAN 2016 /2017

Rupini, Ni Made ( SD Negeri 4 Tonja)



Article Info

Publish Date
11 Jul 2019

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 4 Tonja  di Kelas VI semester I  yang kemampuan siswanya untuk mata pelajaran IPA masih rendah. Tujuan penulisan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mengetahui apakah model pembelajaran Kuantum dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Metode pengumpulan datanya adalah tes prestasi belajar. Metode analisis datanya adalah deskriptif. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah model pembelajaran Kuantum dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Ini terbukti dari hasil yang diperoleh pada awalnya 61,45  pada siklus I menjadi 69,68 dan pada siklus II menjadi 78,94. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah model pembelajaran Kuantum dapat meningkatkan prestasi belajar.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

AW

Publisher

Subject

Education

Description

Adi Widya merupakan media untuk mempublikasikan hasil penelitian yang berkaitan dengan topik Pendidikan Dasar, seperti pendekatan, metode, model, strategi ataupun kebijakan-kebijakan pada pendidikan dasar. Jurnal ini terbit dua kali dalam setahun, yakni pada bulan April dan Oktober. ...